Jalur Kawali-Panjalu Rusak Parah

25/01/2013 0 Comments

Kawali, (harapanrakyat.com),- Jalur utama antara Kecamatan Kawali – Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, rusak parah. Sebagian badan jalan di jalur tersebut hancur akibat tingginya freksuensi kendaraan bermuatan berat yang melintas diikuti juga dengan tingginya curah hujan .

Kerusakan terparah terjadi di jalur lintas Desa Margamulya sepanjang kurang lebih 2 kiklometer. Nyaris tidak ada badan jalan nyang kondisnya mulus. Bersamaan dengan itu, angka kecelakaan lalulintas di ruas jalan tersebut juga cukup tinggi.

“Rata-rata seminggu dua sampai tiga kali ada kecelakaan, utamanya sepedamotor yang terjatuh akibat terperosok ke dalam lobang. Sebagian besar kejadiannya berlangsung malam hari,” ungkap Iing (48), warga setempat.

Dia mengungkapkan, masyarakat sudah berberapa kali mencoba memperbaiki jalan dengan cara menutup lobang badan jalan dengan timbunan batu serta tanah. Akan tetapi perbaikan darurat tersebut tidak mampu bertahan lama, karena selain diguyur hujan, juga tidak ada pemadatan.

“Sudah berkali-kali lubang itu ditutup dengan tanah dan batu, akan tetapi sekejap hancur lagi. Kalau cuaca terang atau siang hari, pengendara masih bisa melihat lobang di badan jalan, tetapi jika malam atau turun hujan sulit membedakan mana bagian yang cukup baik dan mana yang hancur,” tuturnya.

Ade, pengendara asal Lumbung, mengatakan, kendaraan di lajur tersebut selalu melaju cepat seolah tidak menghiraukan kendaraan dari arah lain, meski kondisi jalan sudah rusak.

“Saya berharap, kalau bisa Pemerintah Kab. Ciamis secepatnya memperbaiki kerusakan jalan utama tersebut,” pungkasnya. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply