PONjabar

(Jelang Pilkada Kab. Ciami) Kriteria Calon jadi Pertimbangan di Ciamis Utara

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Forum Masyarakat Ciamis Utara (FMCU) sudah mengisyaratkan kriteria untuk calon Kepala Daerah/ Bupati Kab. Ciamis periode 2014-2019 mendatang. Ada tiga criteria yang akan menjadi pertimbangan masyarkat Ciamis utara terhadap calon bupati.

Ketua FMCU, Drs. Endang Sutrina, M.S.i, Selasa (15/1), mengatakan, pihaknya sudah memiliki kriteria untuk calon Bupati Ciamis masa depan. Kriteria itu diantaranya, Bupati mendatang harus berani membangun masyarakat kearah yang lebih baik, tapi bukan sekedar berani menjabat Bupati.

Selanjutnya, kriteria lain yang menjadi pertimbangan masayarakat Ciamis utara adalah kredibilitas Calon Bupati. Ketiga, seberapa besar komitmen calon Bupati terhadap agenda pembangunan SDM masyarakat.

Ending menuturkan, pihaknya tidak akan melihat figur Calon Bupati semata. Tapi pihaknya akan melihat bagiamana gagasan dan kelayakan Calon Bupati yang kemudian dituangkan dalam visi dan misinya.

“Kami tidak akan melihat figur, akan tetapi kami akan menentukan kriteria,” ungkapnya.

Menurut Endang, sikap masyarakat Ciamis utara terhadap Calon Bupati mendatang ditentukan melalui hasil musyawarah. Dan hal itu  sebagai bentuk kontribusi pemikiran bagi masyarakat Ciamis.

“Kami juga tidak akan melakukan kontrak politik dengan para calon yang memenuhi kriteria kami. Mekanisme musyawarah mufakat yang akan kami tempuh, yang penting visi calon cocok dengan kriteria kami,” katanya.

Endang menegaskan, pihaknya akan mencermati calon bupati yang mempunyai gagasan peningkatan SDM masyrakat Ciamis. “Berani membangun, melakukan perubahan, dan concern pada program peningkatan SDM. Soalnya selama ini pembangunan di Ciamis tidak ditopang peningkatan SDM ,” paparnya.

Masih menurut Endang, visi dan misi Calon Bupati harus realistis serta dapat direalisasikan melalui program-program yang nanti diusung Calon. “Jangan hanya jargon atau wacana semata, tapi Visi dan Misi Calon bisa dijalankan tidak? Ini yang harus digaris bawahi,” tegasnya.

Namun demikian, Endang menambahkan, hingga saat ini belum ada calon bupati yang merapat ke masyarakat Ciamis utara. Dia berharap, Ciamis bisa berubah kearah kemajuan yang positif. (DK)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below