Jelang UN 2013, Sekolah Dihimbau Lakukan Persiapan

25/01/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013, setiap sekolah di Ciamis mulai SD hingga SMA, memberikan pelajaran tambahan kepada siswanya, agar nanti bisa mengikuti UN dengan lancar. Upaya itu juga salah satunya dilakukan di SMK Taruna Bangsa Cijeungjing Kab. Ciamis.

Ketua Yayasan, Firman Yusuf, Sabtu (19/1), mengatakan, pihaknya sudah mewajibkan setiap siswa kelas XII, untuk mengikuti pelajaran tambahan, atau dengan mengikuti Try Out, mengerjakan soal-soal UN.

“Semua siswa sudah mulai diberikan pelajaran tambahan, melalui kegiatan Try Out, pengayaan. Banyak dari siswa kelas XII yang terpaksa harus pulang sore. Upaya itu sengaja dilakukan, untuk persiapan menghadapi penggunaan 20 paket soal UN,” ungkapnya.

Yusuf menuturkan, penambahan paket soal pada UN mendatang akan menjadi beban berat bagi siswa. Untuk itu, pihka sekolah terus memberikan motivasi, supaya siswa peserta UN bisa mendapatkan nilai UN dengan baik, minimal 5,5.

Menurut Yusuf, para siswa sudah tidak bisa main-main untuk menghadapi UN tahun ini. Para siswa dituntut serius dalam belajar, salah satunya dengan menambah jumlah jam atau waktu mereka belajar.

Di tempat terpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Ciamis, Taufik Hidayat, Senin (21/1), mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengumpulan daftar dan pendataan siswa peserta UN tahun 2013.

“Hasil pendataan itu akan segera dilaporkan ke Pemerintah Pusat. Untuk soal dan jadwal UN, Disdik masih menunggu keputusan dari Pusat,” ungkapnya.

Taufik menghimabu, setiap satuan pendidikan mulai melakukan persiapan untuk menghadapi UN tahun ini. Persiapan itu diantaranya dengan menambah jam belajar, dan menggelar pengayaan atau try out.

Menurut Taufik, sementara ini mekanisme penilaian masih sama denga tahun lalu, yakni 40 persen nilai ujian sekolah, dan 60 persen dari nilai hasil UN. Meski begitu, dia optimis, peserta UN tahun sekarang bisa memperoleh kelulusan 100 persen. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!