Jembatan Penghubung Cikoneng dan Sadananya Nyaris Putus

10/01/2013 0 Comments

Rencananya tahun ini akan diperbaiki, dengan menelan biaya Rp.1,3 milyar

Cikoneng, (harapanrakyat.com),- Jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Sadananya dan Kecamatan Cikoneng hampir putus. Hal itu akibat demplang atau bantalan jembatan tersebut ambrol. Bahkan, separuh badan jembatan sudah tidak bisa dilalui kendaraan.

Parjo, warga setempat, belum lama ini, mengatakan, akses jembatan itu merupakan jalur perekonomian yang sangat berpengaruh bagi masyarakat di kedua wilayah. Menurut Parjo, kerusakan yang terjadi pada jembatan itu, dikarenakan usia dan kondisi bantalan jembatan yang tergolong sudah lapuk. Sebabnya, ketika dilintasi kendaraan berat, bantalan menjadi rapuh dan hancur.

Yanti, pengendara roda dua, yang kebetulan melintasi jembatan, mengungkapkan, dia sering dihantui rasa was-was, ketika melewati jembatan rusak tersebut. Soalnya, dia menjadi merasa takut, apalagi ketika melihat lubang, atau melihat bantalan kayu yang sudah hancur tersebut.

“Kelihatan sekali, bantalan itu seperti sangat rapuh. Saya jadi jatuh saat melewatinya,” katanya.

Warga setempat yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, mengaku prihatin dengan kondisi kerusakan pada jembatan tersebut. Menurut dia, warga dan pemerintah setempat, sudah meminta agar perbaikan jembatan di Sindangsari mendapat prioritas.

“Terus terang saja, kondisinya semakin rusak parah. Apabila tidak segera diperbaiki, maka akan berpengaruh terhadap urat nadi perekonomian masyarakat. Soalnya, keberadaan jembatan tersebut sangat vital bagi masyarakat,” katanya.

Ketua DPRD Kab Ciamis, H. Asep Roni, mengatakan, jembatan tersebut merupakan salah satu pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan. “Wilayah itu memang merupakan daerah pemilihan (Dapil) saya. Sudah pasti saya harus bisa menyerap aspirasi dari masyarakat yang menginginkan agar jembatan itu segera diperbaiki,” ungkapnya.

Asep Roni mengaku, pihaknya sudah membahas soal perbaikan jembatan tersebut di dewan. Dan dia berharap, pada tahun anggaran 2013 ini perbaikan jembatan yang dinantikan masyarakat bisa terealisasi.

Kasi Perbaikan Jalan dan Jembatan Dinas Binarmarga Kab Ciamis, Taufik Gumelar, menjelaskan, untuk anggaran perbaikan jembatan tersebut sudah masuk dalam agenda tahun anggaran 2013.

“Anggarannya sudah disiapkan. Perbaikan jembatan itu rencananya akan menghabiskan dana sebesar Rp.1,3 miliyar. Dan angka itu sudah sesuai dengan tingkat kerusakan jembatan tersebut,” jelasnya.

Taufik menuturkan, perbaikan jembatan akan dilakukan secara menyeluruh. Jadi, anggarannya cukup besar, mengingat kondisi jembatan sudah rusak parah. Dengan begitu, jembatan tersebut akan kokoh dan bisa dilalui kembali oleh masyarakat. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply