PONjabar

Jumlah Kartu Jamkesmas Warga Miskin Bertambah

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tahun 2013 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Ciamis membagikan sebanyak 570 ribu kartu Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) kepada warga miskin. Kartu Jamkesmas itu rencananya untuk digunakan oleh warga miskin ketika akan berobat.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kab. Ciamis, dr. H. Rijali Sopyan, Senin (28/1), mengatakan, pembagian Kartu Jamkesmas bagi warga miskin tersebut, merupakan bukti pihaknya dalam membantu masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan.

Menurut Rijali, pemberian kartu Jamkesmas tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2012. Dari data yang dikeluarkan Dinkes, pembagian Kartu Jamkesmas tahun 2012 berjumlah 350 ribu, sementara tahun ini mencapai 570 ribu.

Namun demikian, kat Rijali, peningkatan jumlah penerima Kartu Jamkesmas tidak ada kaitannya dengan peningkatan jumlah angka kemiskinan di Kab, Ciamis. Pemberian karu tahun ini, berdasarkan pada jumlah warga miskin yang dikeluarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Lebih lanjut, Rijali menjelaskan, pembagian Kartu Jamkesmas dilakukan secara langsung oleh Puskesmas bersama-sama dengan pemerintah kecamatan dan desa, agar pemberian kartu itu tepat sasaran, kepada yang berhak.

“Pendistribusian serta penyerahan Kartu Jamkesmas paling lambat akan selesai pada akhir Bulan Februari. Selain itu, pelaksanaannya disesuaikan berdasarkan petunjuk teknis Program Jamkesmas dari pusat,” imbuhnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kab. Ciamis, Hendra Marcusi, mengatakan, pembagian Kartu Jamkesmas bisa membawa dampak baik bagi masyarakat miskin. Alasannya, karena selama ini mereka sangat menunggu perhatian dari pemerintah.

“Masyarakat yang dulunya tidak terdaftar sebagai penerima Jamkesmas, sekarang bisa menerimanya,” katanya.

Hendra menilai, pada tahun-tahun sebelumnya, pembagian Kartu Jamkesmas tidak merata. Akibatnya, banyak  masyarakat miskin di daerah yang tidak kebagian jatah program Jamkesmas.

“Dengan ini, beban masyarakat miskin yang ingin berobat bisa terbantu,” pungkasnya. (es)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below