Kepungan Spanduk/Reklame Merusak Estetika Kota

25/01/2013 0 Comments

Warga pertanyakan izin pemasangan

Banjar, (harapanrakyat.com),-  Bentangan spanduk yang dipasang di tiang listrik milik PLN, maupun tiang telepon dianggap mengganggu ketertiban, dan mengancam keselamatan pengguna jalan raya oleh sejumlah warga. Mereka juga mempertanyakan mengenai ijin pemasangannya dari pihak terkait.

Ela (25), salah seorang warga, mengatakan, banyak spanduk yang dipasang disembarang tempat. Pemasangan spanduk harus memenuhi persyaratan keindahan, jangan menggangu ketertiban dan keamanan, serta tata ruang kota.

“Coba lihat hampir di setiap ruas jalan atau persimpangan lampu merah banyak spanduk terpasang, kelihatanya semerawut. Kawat pengikat spanduk berserakan di tiang listrik dan telepon. Hal seperti itu merusak pemandangan, dan salah satu penyebab kekumuhan. Kekumuhan terjadi bukan saja karena sampah, tapi dari tidak adanya estetika,” kata Ela, kepada HR, Senin (21/13).

Pendapat serupa diungkapkan Tutin (34). Menurut dia, bukan hanya spanduk, tetapi pemasangan papan reklame dan sejenisnya juga dianggap mengganggu estetika kota.

“Tidak ada yang salah dengan pemasangan papan reklame dan sejenisnya, asal tidak mengganggu dan mengurangi keindahan kota. Pemasangan iklan produk tertentu, kampanye, himbauan, iklan pendidikan, semuanya tumpang tindih berebut memenuhi setiap sisi badan jalan maupun tiang listrik dan telepon,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, fasilitas pepohonan yang hijau dan seharusnya enak dipandang mata, dinding gedung serta semua fasilitas umum penuh ditempeli poster, papan reklame dan sejenisnya.

“Diharapkan Pemkot Banjar bergerak cepat menanggapi masalah pemasangan papan reklame dan sejenisnya yang dipasang disembarang tempat. Minimal dikurangi agar tak mengganggu pemandangan mata,” harap Tutin. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!