(Kunker Pertama Kapolres) Polisi Ciamis Diminta Tingkatkan Kinerja

10/01/2013 0 Comments

Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana S.Ik (tengah) saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana S.Ik, dalam kunjungan kerja (Kunker) pertamanya, mendatangi Markas Polisi Sektor (Mapolsek) yang ada di Ciamis. Tujuannya, untuk mengetahui dan melihat secara langsung, bagaimana kondisi Mapolsek secara keseluruhan.

Saat ditemui HR seusai acara, Senin (7/1), AKBP Witnu Urip Laksana S.Ik, mengatakan, selain melihat situasi wilayah, Kunker itu juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja kepolisian.

Menurut Witnu, Polsek dan seluruh jajaran anggotanya harus mengutamakan pelayanan dengan cara-cara yang humanis dan persuasif. Dengan demikian, bisa tercipta situasi masyarakat yang kondusif.

Witnu menghimbau agar seluruh anggota kepolisian bisa melaksanakan program dari Polda, tentang perilaku dan tindakan Polri yang disenangi masyarakat. Diantaranya, bersih, ramah, sopan, santun, peduli, respon cepat, membantu dan melayani masyarakat dengan cepat dan tuntas.

“Kita harapkan, Polsek dapat meningkatkan pelayanan. Karena bagaimanapun, Polsek adalah jajaran yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu, intensifkan koordinasi dengan istansi terkait, termasuk juga dengan para tokoh masyarakat dan pemuda,”  ungkapnya.

Lebih lanjut, Witnu menuturkan, pihaknya melihat ada beberapa hal yang menjadi kendala, terutama dalam kekuatan personil. Menurut dia, hal itu bukan hanya dialami Mapolsek yang ada di Ciamis saja, akan tetapi di daerah lain pun sama.

Witnu mencontohkan, di Mapolsek Ciamis, dari kekuatan riil personil masih jauh dari kondisionil. Dia menyebutkan, seharusnya ada jabatan Wakapolsek dan jabatan perwira di setiap Kanit, ini tidak ada, dan hanya diemban satu orang perwira yaitu Kapolsek.

“Kendala seperti ini tidak hanya dialami di Ciamis saja, akan tetapi daerah lain pun sama. Idealnya secara rasio, 1 polisi berbanding 400 masyarakat. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan anggota kepolisian untuk terus bekerja demi menjaga kondusifitas masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciamis, Kompol Mujiran, mengatakan, kedatangan Kapolres ke Mapolsek Ciamis, merupakan bentuk kepedulian pimpinan. Tentunya kunjungan itu menjadi evaluasi, koreksi dan motivasi Mapolsek untuk meningkatkan kinerja.

“Motivasi untuk bisa bekerja lebih profesional dan dekat dengan masyarakat, menjadi hal yang sangat penting, mengingat keberhasilan yang dilakukan oleh aparat kepolisian tidak semata-mata dari kinerja, akan tetapi karena adanya motivasi juga,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply