Pejabat Harus Punya Semangat Wujudkan Good Governance

17/01/2013 0 Comments

Usai dilantik oleh Walikota Banjar DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., Kepala Bagian Humas yang baru, H. Agus Nugraha, SE., menandatangani SK pengangkatan sumpah jabatan. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 155 pejabat struktural eselon II, III dan IV, serta 141 pejabat pengawas, penilik dan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah, resmi dilantik Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., Senin (14/13), bertempat di Aula Setda Kota Banjar.

Untuk pejabat eselon II tidak terjadi perombakan secara signifikan. Yang terkena rotasi adalah Asep Tatang Iskandar, sebelumnya menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kini sebagai Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banjar. Jabatan lainnya, Kepala Satpol PP yang kini dijabat Yayan Herdiaman, serta Kepala Bagian Humas kini dijabat oleh H. Agus Nugraha, SE.

Dalam sambutannya Walikota Banjar mengatakan, mutasi jabatan merupakan kepentingan organisasi, maka penempatan pejabat harus sesuai dengan kompetensi, tidak asal-asalan. Sedangkan rotasi merupakan salah satu upaya penyegaran dalam proses pembelajaran, dan penambahan pengetahuan bagi pejabat baru ataupun senior.

“Perputaran posisi menandakan bahwa jabatan dan usia tidak ada yang abadi, pasti ada batasnya. Ada yang bahagia, sedih, namun itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dipertanggungjawabkan dengan tawakal, ikhlas dan bekerja keras,” kata Herman.

Selain itu, para pejabat juga dituntut harus senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Menjaga netralitas PNS sebagai aparatur, dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan maupun permasalahan baru yang timbul baik di dalam dan di luar organisasi. Mempunyai jiwa semangat untuk mewujudkan Good Governance, menghindari terjadinya KKN dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan.

“Untuk itu, pejabat harus mempunyai wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik, untuk kepentingan organisasi. Serta mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal, sehingga dapat menghasilkan kerja secara maksimal,” tegasnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply