Pemkab Didesak Soal Kelas Jauh SDN Mekarjadi

31/01/2013 Berita Ciamis , Pendidikan
Pemkab Didesak Soal Kelas Jauh SDN Mekarjadi

Sadananya, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Dusun Sedekan Desa Mekarjadi Kec. Sadananya, mendesak Pemkab. Ciamis untuk menyelesaikan persoalan kelas jauh SDN 1 Mekarjadi. Pasalnya sudah hampir 6 tahun siswa-siswi Kelas Jauh SDN 1 Mekarjadi belajar di Balai Kampung dan Madrasah diniyah setempat.

Dede Suwandi, orang tua murid, Senin (28/1), mengaku prihatin terhadap kondisi fasilitas belajar putranya. Dia menyayangkan, kondisi itu terjadi di tengah upaya pemerintah meningkatkan sumber daya manusia melalui wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.

“Masih ada sekolah dengan fasilitas seadanya. Padahal jarak Kelas Jauh SDN 1 Mekarjadi  tidak jauh dari pusat pemerintahan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Purnawan, warga setempat, mengatakan, dirinya sering dihantui rasa was-was bila hujan tiba. Alasannya, balai kampung yang dijadikan tempat belajar siswa kondisinya menghawatirkan, dinding bagian belakang balai tersebut retak, bahkan kusennya sudah lapuk.

Ditemui terpisah, Ketua RW 23 Dusun Sedekan, Caca, berharap, fasilitas ruangan belajar untuk kelas jauh segera dibangun. Karena dengan itu, dapat menunjang proses belajar mengajar siswa, hingga menggapai prestasi.

Caca menegaskan, pihaknya bersama warga akan mendorong Pemerintah Kab. Ciamis untuk merealisasikan pembangunan sekolah bagi anak-anak dari warga Dusun Sedekan Mekarjadi Sadananya.

“Kabarnya tahun ini akan mendapat bantuan tujuh lokal RKB. Tapi sayang, kepastian secara rinci kapan akan dibangun belum ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Mekarjadi, T  Setiawan, mengatakan, pihaknya juga akan mendesak Pemkab. Ciamis sampai pembangunan RKB untuk Kelas Jauh SDN 1 Mekarjadi terwujud.

“Di wilayah Mekarjadi baru ada satu sekolah, yakni SDN 1 Mekarjadi. Namun, sekolah tersebut sudah tidak bisa lagi menampung banyak siswa, karena melebihi batas,” ungkapnya.

Setiawan menjelaskan, sesuai dengan hasil rapat musyawarah bersama aparat dan warga, pihaknya menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah baru, dengan luas sekitar 2000 meter persegi.

“Agenda pembangunan sekolah ini sebenarnya sudah dibahas dalam Musrenbang sejak tahun 2008. Malahan menjadi prioritas,” katanya.

Kepala SDN 1 Mekarjadi, Dedi Supari B S.IP, mengatakan, agar pembangunan RKB kelas jauh segera terealisasi, pihaknya akan terus berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab. Ciamis.

Menurut Dedi, dia berharap kedatangan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Barat, yang menyatakan bakal mengalokasikan dana untuk pembangunan 7 RKB untuk kelas jauh dapat segera teralisasi.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Ciamis, Hendra S Marcusi, menyatakan, kondisi Kelas Jauh SDN 1 Mekarjadi, menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan.

Hendra mengaku, pihak Disdik belum bisa mengalokasikan dana bantuan, karena berbenturan dengan aturan. Namun, dia akan berupaya mencari solusi, agar pembanguan RKB kelas jauh SDN 1 Mekarjadi bisa terealisasi. (heri)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles