(Refleksi Pemuda Kota Banjar) Generasi Muda Sebagai The Leader of Tomorrow

25/01/2013 0 Comments

Penampilan siswa-siswi SMA Negeri 1 Banjar saat mengisi acara Refleksi Pemuda Banjar Creative Young Generation, bertempat di Graha Banjar Idaman, Sabtu malam, (19/1). Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Jika kita berbicara  mengenai perubahan yang dilakukan oleh pemuda memang tidak ada kunjung habisnya. Dalam setiap perubahan pemuda selalu ada dibelakangnya. Runtutan sejarah di Indonesia tidak terlepas dari tangan pemuda, begitu pula pembangunan di Kota Banjar.

Untuk itu, menjelang HUT Kota Banjar ke-10 tahun pada 21 Februari mendatang, generasi muda Banjar dituntut terus berinovasi, dan mampu meningkatkan kreatifitasnya.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD KNPI Kota Banjar, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si., kepada HR, saat ditemui disela-sela acara Refleksi Pemuda Banjar Creative Young Generation, bertempat di Graha Banjar Idaman, Sabtu malam, (19/13).

Dalam memaknai refleksi pemuda, kata Dadang, pemuda itu harus berani dan revolusioner, berwawasan luas, memiliki standar moral, bersatu, optimis dan konsisten, tidak putus asa, serta pantang mundur sebelum cita-cita tercapai.

“Artinya, pemuda itu identik sebagai sosok individu yang berusia produktif dan memiliki karakter khas yang sangat spesifik, yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas,” katanya.

Kelemahan mencolok dari seorang pemuda adalah control diri yang emosional. Sedangkan, kelebihan yang paling menonjol yakni mau menghadapi perubahan, baik berupa perubahan sosial maupun kultural dengan menjadi pelopor perubahan itu sendiri.

Pemuda seperti itu tentu tidak lahir dan tercipta dengan sendirinya, namun dengan proses dan tahapan yang harus dilalui. Tetapi, seringkali proses dan tahapan tidak dimanfaatkan secara baik, sehingga tidak menciptakan sebuah makna dalam melahirkan para pemuda yang berkarakter.

Generasi muda adalah the leader of tomorrow. Di tangan generasi muda nasib sebuah bangsa dipertaruhkan. Karena, revitalisasi peran generasi muda akan meningkatkan peran dan partisipasinya dalam membangun bangsa, mempererat persatuan, mengukuhkan pluralitas, dan memperkokoh nasionalisme.

“Dengan demikian, maju tidaknya Kota Banjar di masa datang sangat tergantung kepada generasi muda sekarang ini. Untuk itu kami berharap para pemuda pemudi di Banjar lebih kreatif dan inovatif untuk mengisi pembangunan sejak dini,” harap Dadang.

Acara Refleksi Pemuda yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kota Banjar itu melibatkan para seniman, serta anak-anak pelajar tingkat SMP dan SMA. Dalam kegiatan tersebut juga menyajikan kesenian tradisional maupun modern, festival band, stand kreatif, percussion show, dance contest, dan education event. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply