Sejumlah Pohon Besar di Doboku Telah Lapuk

31/01/2013 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com).- Sejumlah pohon besar yang menjulang tinggi di sekitar kawasan kuliner Doboku, Kel/Kec. Pataruman, Kota Banjar, kini keberadaannya sudah mengkhawatirkan. Pasalnya, sebagian pohon-pohon tersebut telah lapuk akibat terlalu tua.

Bila hujan deras disertai angin kencang, banyak bagian ranting dan batang pohon yang patah. Hal itu membuat para pedagang di Doboku khawatir, karena takut pohon tumbang menimpa kios dagangannya.

Seperti yang dikatakan Asep (43), seorang pedagang mainan yang sering mangkal di kawasan tersebut. Menurut dia, kalau malam harinya turun hujan disertai angin, sudah dipastikan pada pagi hari banyak ranting pohon yang berserakan di sekitar lapang volly Doboku, maupun di atap bangunan kios para pedagang.

“Memang keberadaan pepohonan itu menjadi daya tarik keasrian rest area Doboku. Namun, ketika pohon besar itu lapuk dimakan usia, berarti bisa menjadi bencana bagi orang di sekitarnya,” kata Asep, saat dijumpai HR, Minggu (27/1).

Pendapat serupa diungkapkan Maman (48), warga Pataruman. Dia mengatakan, pepohonan yang tumbuh di rest area memang sudah usianya sudah tua, sehingga wajar bila kondisinya sudah sedikit lapuk.

“Dengan demikian, maka diharapkan kepada instansi terkait supaya sering mengecek keadaan pohon-pohon besar yang sudah lapuk di sekitar rest area Doboku. Bila perlu, pohon yang sudah terlalu lapuk segera dipotong agar tidak ada korban, kemudian mengadakan peremajaan dengan menanam ulang pohon yang sejenis,” harap Maman. (HND)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply