(Sepanjang Musim Penghujan) Penyakit Diare Ancam Kesehatan Masyarakat

31/01/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kab. Ciamis memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh serangan penyakit Diare yang sering menyerang di saat musim penghujan.

Kepala Bidang P2PL Dinkes Ciamis, dr. H. Yoyo MM.,Kes, Senin (28/1), mengatakan, anomali cuaca yang belakangan ini terjadi berpotensi mengancam kesehatan masyarakat. “Selain diare, masyarakat juga bisa dengan mudah terkena demam, batuk pilek, flu, dan inveksi saluran pernapasan (ISPA),” ungkapnya.

Yoyo menuturkan, kondisi fisik/ tubuh yang lemah akan sangat mudah diserang oleh penyakit. Untuk menghindari hal itu, masyarakat perlu senantiasa menjaga kesehatan dan pola makan.

Bahkan, kat Yoyo, musim penghujan kali ini membuat jentik nyamuk malaria bisa berkembang. Dan mengancam terjangkitnya penyakit demam berdarah dengue (DBD), ataupun Chikungunya.

“DBD dan Chikungunya juga perlu diwaspadai, karena bisa menyerang kapan saja, baik itu di perkotaan ataupun di pedesaaan,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Seksi P4B, Osep Hernandi M.,Kes, mengatakan, sebagai bentuk pencegahan, Dinkes meminta masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan rumah serta pola konsumsi makanan dan minuman.

“Anak-anak mudah sekali diserang diare, dan biasanya hal itu terjadi melalui konsumsi makanan atau jajanan,” katanya.

Osep menandaskan, pihaknya akan terus mensosialisasikan tata laksanan pencegahan penyakit diare kepada masyarakat, melalui tim yang tersebar di unit Puskesmas di setiap kecamatan.

“Dengan upaya itu, diharapkan masyarakat bisa lebih waspada, dan mencegah serangan penyakit yang kerap terjadi di musim penghujan,” pungkasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply