(Tarik Pengunjung Batu Hiu) Pagelaran Seni Sambut Tahun Baru Diresmikan

10/01/2013 0 Comments

Parigi, (harapanrakyat.com),- Karang Taruna Balekambang Desa Ciliang Kec. Parigi meresmikan pagelaran seni budaya tradisional untuk menyambut tahun baru. Pagelaran itu sengaja dilaksanakan dalam rangka menarik jumlah pengunjung atau wisatawan ke kawasan wisata Batu Hiu.

Pada penyambutan tahun baru 2013, acara yang dikemas dengan gelar budaya kesenian tradisional itu berlangsung sangat meriah. Faktanya, pagelaran kesenian tersebut mampu membuat para pengunjung/ wisatawan terhibur saat menyaksikannya.

Kesenian yang digelar dalam rangka menyambut tahun baru itu, diisi dengan kesenian tradisional seperti pentas pencak silat, debus, kacapi suling, pagelaran pupuh, dan puncaknya dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Saat ditemui HR, Ketua Karang taruna Balekambang, Jajat Sudrajat, S.PdI, mengatakan, pagelaran kesenian budaya tradisional tersebut murni diselenggarakan oleh Karang Taruna dengan bermodalkan kekompakan para anggotanya.

Menurut Jajat, selama ini kunjungan wisatawan di kawasan objek wisata Pantai Batu Hiu tergolong masih sedikit. Untuk itu, selain menjalin silaturahmi antar pemuda, pagelaran kesenian tersebut diharapkan bias menjadi magnet center (penarik) bagi jumlah wisatawan.

Jajat mengutarakan, acara gelar budaya yang diresmikan pada kesempatan menyambut tahun baru 2013, akan dijadikan sebagai sebuah sajian rutin penyambutan tahun baru.

Dia menambahkan, Karang Taruna akan menjalin kerjasama dengan Budayawan lokal,  Dalang termuda di Kab. Ciamis, Rangga Rinekapalwa (35), pimpinan group wayang golek Hasta Kencana II.

Lebih jauh, Jajat menambahkan, gelaran apresiasi budaya itu akan dipromosikan kepada publik. Terlebih, dia juga beralasan, inisiatif itu muncul karena melihat kondisi kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya lokal yang kurang.

Keduanya, program promosi tersebut akan menambah jumlah wisatawan dan pengunjung ke kawasan objek Wisata Pantai Batu Hiu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Ciamis, Drs. Sobar Sugema, mengatakan, apa yang diupayakan oleh Karang Taruna Balekambang, perlu mendapat apresiasi.

Terlebih, inisatif Karang Taruna bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan kesenian budaya budaya tradisional yang sudah melekat di masyarakat. Dia berharap, upaya itu membuahkan hasil, dengan bertambahnya jumlah pengunjung di masa yang akan dating.   (Syam)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply