Terduga Teroris Kholil Berasal dari Padaherang Ciamis

09/01/2013 0 Comments

Sa`diyah (Ibunda Kholil) pasrah anaknya tewas ditembak Densus 88 (poto : Ntang/HR)

Poto terakhir Kholil sebelum tewas ditembak densus 88. (poto : VOA-Islam)

Padaherang, (harapanrakyat.com),- Keluarga Eri Rianto alias Kholil alias Abu Kolid atau dipanggil Ganang, terduga teroris yang meninggal akibat Densus 88 di teras masjid Al Nur Afiah RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, jelang shalat Jum’at (4/1/2013), mengaku kaget anak mereka terlibat jaringan teroris di Indonesia. Terduga teroris bernama Eri Rianto alias Kholil alias Abu Kolid alias Ganang merupakan kelahiran Kecamatan Padaherang Kab. Ciamis.

Saat ditemui HR, Sa’diyah (Ibunda Eri/ kholil/ Ganang), mengaku sedih mendengar anaknya tewas ditembak. Dia mengatakan, sejak kecil Ganang dikenal sebagai anak yang sholeh. “Dari kecil itu baik, rajin ibadah. Anak saya sekolah di SD Cibogo IV, SMP Padaherang, dan STM Walang Jaya, Jakarta,” katanya, Senin (7/1/2013).

Endang, (istri Kholil), yang kini sedang mengandung anak kelima dari almarhum Kholil, mengatakan, Kholil adalah suami yang baik di mata keluarga. Kholil ternyata juga memiliki keinginan besar untuk mati syahid.

“Dia itu suami yang baik di mata saya. Orangnya gigih, semangatnya tinggi, keinginannya untuk syahid memang besar sekali,” tuturnya.

Menjelang tewas di tangan Densus 88, Endang melihat suaminya begitu ceria. “Anak-anak diajak shalat, digendong-gendong, sama saya juga begitu, dia ceria terus,” ucapnya.

Semasa hidup, sang suami begitu merindukan mati syahid. Bahkan ketika mendengar ada temannya yang syahid ia pun menangis. Bahkan, kata Endang, Kholil sering menangis ketika mendengar sahabat-sahabatnya mati syahid.

Menurut Endang, Kholil sempat mewasiatkan agar anak-anaknya kelak bisa menjadi huffazh (penghafal Al-Qur’an) dan menjadi mujahid. “Jangan sampai anak-anak di sekolahkan di sekolah-sekolah negeri. Dia ingin anak-anaknya menjadi seorang hafizh (penghapal Al-Qur’an), menjadi mujahid pelanjut perjuangan abahnya,” ujarnya. (ntang/R4)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply