(Terkait Pengrusakan CCTV di Tol Gate Pangandaran) Disbudpar Diminta Profesional Kelola Sektor Pariwisata

(Terkait Pengrusakan CCTV di Tol Gate Pangandaran) Disbudpar Diminta Profesional Kelola Sektor Pariwisata

Ciamis, (harapanrakyat.com), Langkah Pemkab dan DPRD Ciamis dengan memasang CCTV (Close Circuit Television) di pintu Tol Gate Pangandaran harus didukung semua pihak, termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang menjadi leading sektor pariwisata.

Pemasangan CCTV tersebut bertujuan untuk memantau perkiraan jumlah pengunjung yang masuk ke area wisata Pantai Pangandaran. Kebijakan pemasangan ini mulai dilakukan Pemkab Ciamis pada saat menjelang pergantian tahun baru.

“Ironis sekali kalau sampai Disbudpar tidak mendukung kebijakan tersebut. Justru saya bertanya balik, Ada apa ini? Ini kan untuk kepentingan dan kemajuan dunia pariwasata di Pangandaran. Apalagi ini juga untuk menaikan target PAD dari sektor Pariwisata, masa tidak didukung,” ungkap, Iwan Moch. Ridwan, Wakil Ketua Banggar DPRD Ciamis, ketika dihubungi HR via telepon selulernya, Selasa (8/1).

Iwan mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya keluhan dari masyarakat terkait pemasangan CCTV di pintu Tol Gate Pangandaran.           “Kita objektif saja, masyarakat tidak ada yang berkeberatan, justru mendukung. Kalau ada pengrusakan, saya pikir itu oknum yang tidak bertanggung jawab. Harap catat, masyarakat Pangandaran dan selatan tidak berkeberatan justru senang langkah ini untuk memajukan dunia kepariwisataan,” katanya.

Menurut Iwan, Disbudpar Ciamis harus profesional dalam mengelola dunia kepariwisataan, termasuk SDM personel di tubuh Disbudpar itu sendiri. “Masa kita menyikapi pemasangan CCTV ini secara tidak profesional, jangan mencari kambing hitam, rakyat mendukung kok kebijakan tersebut,“  imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Iwan juga menilai, langkah Pemkab Ciamis memasang CCTV ini untuk menilai kinerja kepariwisataan, dalam konteks kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di objek wisata Pangandaran.

“CCTV salah satu instrumen yang bisa membantu transparansi pencapian target PAD di sektor kepariwisataan. Apalagi dengan DOB Pangandaran nanti, kita harus mempunyai visi kedepan dalam hal memunculkan keunggulan potensi daerah. Dengan CCTV, kita bisa mengevaluasi kekurangan dan kelemahan sektor pariwisata. Pada akhirnya, masyarakat yang akan menikmatinya juga. Janganlah kita resisten dengan langkah-langkah perubahan untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Disbudpar Ciamis, Sobar Sugema, membantah bila pihaknya tidak mendukung soal Kebijakan Bupati dan DPRD Ciamis soal pemasangan CCTV di Tol Gate Pangandaran, seperti dilansir beberapa waktu lalu oleh salah satu media di Jabar.

Sobar mengatakan, pihaknya siap mengamankan kebijakan Bupati Ciamis tersebut soal pemasangan CCTV di pintu Tol Gate Pangandaran. Dia tidak memungkiri, jika pemasangan CCTV tersebut menimbulkan ekses negatif seperti perusakan pintu Tol Gate beberapa waktu lalu, tepatnya menjelang pergantian tahun.

“Siapa bilang kami tidak setuju, siapa yang mewawancara saya seperti itu, saya tidak bicara menolak, saya setuju hanya harus dipertimbangkan faktor penunjangnya berupa pengamanan soal CCTV tersebut,” ungkapnya,

Lebih lanjut, Sobar menjelaskan, sebagai Kepala Dinas, dirinya tidak ingin membantah kebijakan atasan, yakni Bupati Ciamis, H. Engkon Komara. “Saya ini kan bawahan Bupati, masa saya tidak menuruti perintah,” imbuhnya.

Sobar mengaskan, justru pihaknya memberi masukan, bahwa langkah kebijakan pemasangan CCTV tersebut merupakan langkah yang patut didukung. “Saya memberi masukan secara komprehensif, kalau setiap kebijakan pasti ada resikonya, bahkan resiko itu harus kita minimalisir. Saya tak mempersoalkan soal itu sekali lagi,” paparnya.

Pada kesempatan lain, Sekda Ciamis, H. Herdiat MM, kepada media masa, beberapa waktu lalu, menyebutka, pemasangan CCTV di Tol Gate Pangandaran sangat efektif. Pasalnya, di masa libur tahun baru 2013, terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan masa libur pergantian tahun sebelumnya.

“Dari data jumlah pengunjung yang masuk ke wisata Pantai Pangandaran, selama libur tahun baru 2013 kemarin, kenaikannya mencapai 100 persen. Dibanding tahun sebelumnya yang masih mengunakan sistem pendataan pengunjung secara manual,” jelasnya.

Herdiat juga menuturkan, selain di pintu Tol Gate, Pemkab. Ciamis berencana memasang CCTV di sejumlah titik strategis yang ada di kawasan Objek Wisata Pantai Pangandaran. Dengan begitu, peluang kecurangan, dan siapa yang bayar dan tidak, akan terkontrol. (DK)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles