(10 Tahun Kota Banjar) Melangkah Pasti Menuju Sebuah Perubahan

20/02/2013 0 Comments
Walikota Banjar, DR. Herman Sutrisno, MM, saat menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Nasional Katergori Pembina Ketahanan Pangan, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Walikota Banjar, DR. Herman Sutrisno, MM, saat menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Nasional Katergori Pembina Ketahanan Pangan, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Tanggal 21 Februari 2013, Pemkot Banjar telah menginjak usia 10 tahun. Setelah berpisah dari Kabupaten Ciamis dan resmi menjadi daerah otonom baru pada tanggal 21 Februari 2003 silam, Kota Banjar melangkah pasti menuju sebuah perubahan.

Kota Banjar mulai mempercantik diri. Infrastruktur untuk mewujudkan sebuah kota dibangun. Fasilitas jalan, air dan listrik hampir merata hingga ke setiap pelosok desa. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, Pemkot Banjar menyusun strategi dan kebijakan, salah satunya pembangunan fasilitas sarana dan prasarana kota.

Beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur yang telah selesai dilaksanakan selama tahun 2012 diantaranya, pembangunan Lapang Bakti menjadi taman kota, pengembangan prasarana sanitasi berbasis masyarakat/MCK, pekerjaan jaringan air bersih, pembuatan drainase dan gorong-gorong, serta trotoar.

Kepemimpinan Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., bersama Wakil Walikota Banjar, H. Akhmad Dimyati, SIP., dan seluruh jajaran Pemerintahan Kota Banjar, sebagai motor penggerak pembangunan di Kota Banjar, senantiasa menyerap aspirasi masyarakat, sekaligus sebagai bagian yang berkompetensi membuat kebijakan dan menyusun 4 (empat) kebijakan.

Kebijakan pertama berhubungan dengan keberpihakan kepada masyarakat, diarahkan pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meliputi pendidikan, kesehatan, daya beli dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Kedua, kebijakan yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur pemerintahan. Ketiga, kebijakan yang berhubungan dengan penataan kota. Dan keempat, kebijakan yang berhubungan dengan penguatan serta pemberdayaan desa/kelurahan.

Berdasarkan tujuan dan strategis pembangunan, yakni memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang ekonomi, pembangunan diprioritaskan pada peningkatan yang bersamaan antara pertumbuhan ekonomi dengan pendapatan perkapita, sehingga akan mendongkrak daya beli untuk dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat.

Melalui empat kebijakan publik tersebut, sampai diusianya yang ke-10 ini Pemkot Banjar berhasil meraih berbagai penghargaan, baik penghargaan berskala provinsi maupun nasional. Selama tahun 2005, penghargaan yang berhasil diraih diantaranya dari Gubernur Jabar atas keberhasilan dalam Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB Sektor SKB tahun 2004.

Selanjutnya, penghargaan kepada Walikota Banjar yang Peduli/Mengambil Inisiatif Prakarsa untuk Memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada Lanjut Usia dengan membebaskan pembayaran pengobatan, pemeriksaan lanjut usia di Puskesmas, dan rumah sakit pemerintah.

Kemudian tahun 2006, penghargaan dari Gubernur “Peringkat II pada Kelompok I dalam Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan/SK Bersama tahun 2005.” Penghargaan dari Presiden RI dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan kepada Walikota Banjar yang telah menerbitkan Perda Akta Kelahiran Bebas Bea.

Tahun 2007, penghargaan dari Panglima Komando Cadangan Strategis Tni AD kepada Walikota Banjar yang telah berpartisipasi pada peringatan HUT 46 Kostrad tahun 2007. Piagam penghargaan dari Universitas Terbuka kepada Walikota Banjar sebagai Tokoh Pengembangan SDM melalui Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.

Piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara kepada Walikota Banjar yang telah menyampaikan LAKIP tahun 2006 kepada Presiden RI melalui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. Piagam penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Pemkot Banjar “Peringkat II pada Kelompok I dalam Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaan/Surat Keputusan Bersama tahun 2005.”

Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional kepada Walikota Banjar, penghargaan Satya Lancana Pembangunan di bidang pertanian dari Presiden kepada Walikota Banjar, penghargaa Bhakti Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dari Menteri Negara KUKM RI kepada Walikota Banjar. Penghargaan dari Menteri Negara KUKM RI kepada Kota Banjar sebagai Kota Penggerak Koperasi tahun 2007 dalam Peringkat B (Berhasil).

Kemudian, piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Ketua TP PKK Kota Banjar atas prestasi Pemrakarsa dan Penyelenggara Makan Ikan Bilih/Paray dan Ikan Tongkol dengan Peserta Anak Usia Dini Terbanyak. Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Walikota Banjar sebagai Kepala Daerah yang telah Mewujudkan Komitmen Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tingkat Prov. Jabar tahun 2007. Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada TP PKK juara 3 pemenang Aneka Olahan Serba Ikan dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Prov. Jabar tahun 2007.

Ucapan terima kasih dari Panglima TNI kepada Walikota Banjar atas Partisipasi Pagelaran Kesenian Daerah Berupa Rampak Kendang dalam rangka memeriahkan peringatan ke-62 Hari TNI tahun 2007. Penghargaan dari Pengurus Daerah Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar kepada Walikota Banjar sebagai Tokoh Otomotif Jawa Barat. Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Walikota Banjar sebagai Ketua Kwarcab Kota Banjar.

Tahun 2008, penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Pemkot Banjar sebagai daerah yang lunas PBB pada Kelompok I Sektor Perdesaan dan Perkotaan Tahun Anggaran 2007.  Pengahargaan Population Award 2008 dari IFPPD DPRD Prov. Jabar kepada Walikota Banjar atas keberpihakannya dalam Pengelolaan Kependudukan dan Pembangunan Bidang Keluarga Berencana. Penghargaan dari BPK RI atas Laporan Keuangan TA 2007 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Rekor Pasangan Walikota dan Wakil Walikota dengan perolehan suara dalam Pilkada terbanyak 92,17%.

Pada tahun 2009, penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Pemkot Banjar sebagai daerah yang lunas PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaan Pada Kelompok I Tahun Anggaran 2008. Penghargaan dari Presiden RI kepada Kota Banjar yang telah mampu meningkatkan produksi beras di atas 5 %. Penghargaan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jabar I kepada dr. Herman Sutrisno, MM., atas Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Dengan Baik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ciamis.

Penghargaan Population Award 2009 dari IFPPD DPRD Prov. Jabar kepada Walikota Banjar atas Keberpihakannya dalam Pengelolaan Kependudukan dan Pembangunan Bidang KB. Penghargaan Investmen Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagai nominasi Kota Terbaik Penanaman Modal tahun 2009. Penganugerahan Raskin Award tahun 2009 atas keberhasilan pelaksanaan program beras untuk rumah tangga miskin Kategori Kota Peringkat 3 dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI. Penghargaan dari PMI kepada dr.H. Herman Sutrisno, MM., sebagai penerima Lencana Jasa Madya.

Tahun 2010, penghargaan Gubernur Jabar kepada Kota Banjar sebagai Best Effort City dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia tingkat Prov. Jabar. Piagam penghargaan Presiden RI “Satya Lencana Wira Karya” bidang Keluarga Berencana, penghargaan Presiden RI “Satya Lencana Pembangunan Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah.” Penghargaan Lingkungan Hidup tahun 2010 dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat kepada Walikota Banjar.

Untuk tahun 2011, penghargaan dari PMI Prov. Jabar atas bantuan yang diberikan dalam mendukung tugas kemanusiaan. Penghargaan Gubernur Jabar kepada Kota Banjar sebagai Kota Terbaik dalam Komitmen Tertinggi Pembentukan Kampung KK tingkat Prov. Jabar tahun 201, penghargaan sebagai daerah yang lunas PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan pada Kelompok I TA2010.

Peringkat ke-3 Kota Berpresati Tingkat Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Yang Berprestasi Paling Tinggi Tingkat Nasional Dari Menteri Dalam Negeri RI. Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Walikota Banjar sebagai Tokoh Yang Peduli Terhadap Lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tingkat Prov. Jabar.

Penghargaan dari Menkes RI Swasti Saba Padapa kepada Kota Banjar atas jasa dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat tingkat nasional tahun 2011. Penghargaan Raksa Prasadha kategori Pembina Lingkungan Tingkat Prov. Jabar tahun 2011 dari Gubernur Jabar kepada Hj. Ade Uu Sukaesih sebagai masyarakat peduli lingkungan.

Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Kel. Muktisari Kota Banjar sebagai peringkat I dalam kegiatan Lomba Program Terpadu P2WKSS Kategori Kota dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-83 dan Hari Kesetiakawanan Sosial tingkat Prov. Jabar tahun 2011. Penghargaan Innovative Government Award Kategori Pelayanan Publik tingkat nasional tahun 2011 dari Mendagri kepada Walikota Banjar.

Tahun 2012, penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam atas prestasi dan jasanya dalam memajukan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan tingkat Nasional tahun 2012, dari Menteri Agama dalam rangka Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-66 tahun 2012, kepada Walikota Banjar. Penghargaan dari Presiden RI kepada Kota Banjar yang telah mampu meningkatkan “Produksi Beras di Atas 5%.”

Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Kota Banjar sebagai kota yang telah melaksanakan Program Raskin tahun 2012.  Kota Banjar meraih Opini Wajar Tanpa Kecualian atas LKPD Pemkot Banjar TA 2011 dari BPK RI. Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Walikota Banjar dalam bidang Pembinaan Ketahanan Pangan dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-32 tingkat Prov. Jabar tahun 2012.

Penghargaan dari Majalah Nasional TEMPO, sebagai salah satu dari 7 Bupati/Walikota terbaik se-Indonesia versi Majalah TEMPO. Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)  tingkat nasional kategori Pembina Ketahan Pangan dari Menteri Pertanian dari Presiden RI.

Dan di tahun 2013 ini, Walikota Banjar mendapat penghargaan Tokoh Tempo 2012 Bukan Bupati/Walikota Biasa. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI.

Prestasi tersebut tidak mungkin diperoleh tanpa adanya partisipasi seluruh masyarakat Kota Banjar. Pemkot Banjar mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada berbagai komponen masyarakat yang telah turut serta membangun Kota Banjar. (advertorial)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!