(Hindari Aksi Tawuran) Mapolsek Dihimbau Bentuk Polisi Pelajar

19/02/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mengantisipasi terjadinya aksi tawuran antar pelajar di Kabupaten Ciamis, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ciamis bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Kementrian Agama (Kemenag) membentuk Polisi pelajar.

Hal itu disampaikan Kasat Bimas Polres Ciamis, AKP Suyadi, didampingi Kapolsek Ciamis, Kompol Mujiran, di sela-sela kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Polisi Pelajar, di Aula Mapolsek, beberapa waktu yang lalu.

Suyadi mengatakan, pembentukan polisi pelajar merupakan salah satu program dari Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar) yang ditindaklanjuti oleh Polres Ciamis. Tujuannya, agar peserta didik tidak mudah terpengaruh oleh aksi tawuran antar pelajar.

Menurut Suyadi, polisi pelajar angkatan pertama ini, diikuti oleh sekitar 127 peserta didik dari 38 sekolah tingkat SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK, yang ada di wilayah hukum Polsek Ciamis (Sadananya, Ciamis dan Baregbeg).

Lebih lanjut, Suyadi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pembinaan secara kontinyu terhadap para polisi pelajar tersebut. Salah satunya dengan pembinaan kedisiplinan dan komunikasi yang dilakukan 2 kali dalam sebulan.

Meski begitu, Suyadi menilai, Ciamis belum rawan aksi tawuran. Untuk mengantisipasi, perlu ada upaya, yang salah satunya melalui pembentukan polisi pelajar. Pihaknya juga menghimbau ke setiap Mapolsek se-Kab. Ciamis untuk segera membentuk Polisi Pelajar.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Diklat, Tatang Djauhari, bersama wakilnya, Drs. Endang Siregar, mendukung positif pembentukan polisi pelajar di setiap sekolah. Alasannya, karena hal itu sebagai kegiatan positif untuk menjauhi aksi tawuran.

Keduanya berharap, melalui Polisi Pelajar, para siswa bias mendapatkan pengalaman, terlebih lagi, mereka bisa memupuk rasa tanggung jawab dan meningkatkan kedisiplinan dalam diri masing-masing.

Dadan, peserta Diklat Polisi Pelajar asal SMA Informatika, mengaku, mengikuti Diklat tersebut atas dasar kemauan sendiri. Dia juga merasa senang, karena bisa mendapatkan  wawasan, pengalaman dan teman baru.

“Menjadi polisi adalah cita-cita saya. Melaluui polisi pelajar, menjadi ajang pembelajaran bagi saya untuk menciptakan kondusifitas di sekolah,” pungkasnya. (dsw)

Editor : Deni Supendi

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!