Hindari Percaloan, Samsat Terapkan Sistem Baru

07/02/2013 0 Comments
Kanit Regident Polres Ciamis, Dahuri, menunjukkan monitor yang berisikan tentang pembiayaan layanan di Kantor Bersama Samsat Ciamis. Foto : Dian Sholeh Wardiana Putera/HR.

Kanit Regident Polres Ciamis, Dahuri, menunjukkan monitor yang berisikan tentang pembiayaan layanan di Kantor Bersama Samsat Ciamis. Foto : Dian Sholeh Wardiana Putera/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya meningkatkan pelayanan, Kantor Bersama Samsat Kab. Ciamis menerapkan sistem kerja baru, yaitu dengan sistem Kelompok Kerja (Pokja). Sistem tersebut diyakini bisa membuat proses pelayanan di Samsat menjadi lebih cepat.

Kanit Regident Polres Ciamis, Iptu M. Duhri SH., Senin, (4/2), mengatakan, sistem Pokja tersebut merupakan perubahan pelayanan yang dilakukan cukup melalui satu loket. Loket tersebut dilengkapi petugas pelayanan dari kepolisian, Dispenda, Bank, dan Jasa Raharja.

“Dengan begitu, wajib pajak dan yang akan memperpanjang STNK dan BPKB tidak perlu bulak balik ke sejumlah loket,” ungkapnya.

Lebih lanjut Duhri menuturkan, salah satu upaya menciptakan keterbukaan/ transparansi serta menghindari percaloan, pihaknya menyiapkan dua buah monitor di ruang tunggu. Melalui monitor itu, wajib pajak bisa mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan.

“Ini adalah program Korlantas Polri melalui Dirlantas Polda, untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Berkas yang masuk diproses lebih cepat,” ujarnya.

Duhri berharap, dengan sistem baru yang didukung layanan berbbasis teknologi itu, bisa mempermudah wajib pajak mendapat pelayanan cepat dan baik, saat mengurusi pajak kendaraan.

Nana (45), wajib pajak, mengatakan, pelayanan dengan sistem baru memang terbilang cepat, terlebih dia tidak harus bolak balik. “Kalau antri sudah biasa, tapi menurut saya sistem seperti ini lebih cepat dari biasanya,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply