Mahasiswa Fikes Bentuk Kader Lewat LDKO

28/02/2013 0 Comments
DSC_0034

Mahasiswa FIKes Unigal sedang mendengarkan pemaparan materi, dalam acara LDKO yang digelar Hima Keperawatan dan Kebidanan FIKes Unigal. Foto : Heri/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Himpunan Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Galuh (Unigal) menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO), Sabtu (23/2), di lingkungan kampus.

Ketua Panitia LDKO, Asep Novi Taufiq, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya kaderisasi pengurus organisasi di lingkungan FIKes. Dia berharap, mahasiswa peserta LDKO, mendapat wawasan dan pengalaman baru untuk bekal berorganisasi.

Novi menuturkan, tujuan digelarnya kegiatan LDKO juga tidak lain untuk menumbuhkan komitmen mahasiswa dalam berorganisasi. Dengan begitu, kesadaran mahasiswa tentang budaya organisasi, menjadi motivasi bagi para kader.

Menurut Novi, melalui LDKO, peserta/ mahasiswa bisa mempererat rasa kebersamaan, sehingga tertanam nilai-nilai loyalitas untuk memperteguh komitmen berorganisasi, serta integritas intelektual yang teraktualisasi.

Novi juga menuturkan, kegiatan itu juga menjadi wadah untuk menyeleksi calon anggota dan langkah awal menjaga eksistensi organisasi. Dengan kepemimpinan, semangat serta generasi baru, organisasi dan institusi kampus bisa menjadi lebih baik.

Pembantu Rektor III Unigal, Dedi Herdiansah S.,Ir.,MP, mengatakan, kemampuan manajerial dari sebuah organisasi mahasiswa akan membuahkan kematangan anggotanya. Organisasi memiliki keuntungan, salah satunya kemampuan untuk berinteraksi antar sesama organisasi, serta belajar menghargai pendapat orang atau organisasi.

Dedi menuturkan, mahasiswa memiliki semangat besar, maka aktivitas mahasiswa dalam sebuah organisasi adalah bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sebagai mahasiswa. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi lebih mampu merencanakan masa depan, karena terbiasa dengan manajemen.

Senada dengan itu, Dekan Fikes Unigal, Tita Juita, Dra., M.Pd., M.Kes, menilai, kegiatan itu sangat penting, karena merupakan salah satu dari serangkaian pelatihan yang perlu diikuti mahasiswa guna mendapatkan frame of thinking.

Menurut Tita, kegiatan itu, diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap dan ketrampilan untuk mengkoordinasikan dan membina tim kerja dalam suatu organisasi.

Dengan begitu, kata Tita, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas ketrampilan manajemen, terutama dalam hal menggali kreativitas, komunikasi dan kepemimpinan. Selain itu, dapat meningkatkan pemahaman, pentingnya sinergi antara kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa.

Rani Supriatin, Mahasiswa Kebidanan, mengaku bangga bisa mengikuti kegiatan LDKO tahun ini. Baginya, materi yang diberikan sangatlah bermanfaat, untuk menambah pengalaman dan wawasan. (heri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!