Populasi Monyet Meningkat, BKSDA Cemas

28/02/2013 0 Comments

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kepala Resort BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Cagar Alam Pangandaran, Yana Hendrayana, menyebutkan, hewan Monyet di wilayah Cagar Alam Pangandaran tingkat populasinya terus meningkat. Hal itu disebabkan oleh banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengunjung atau wisatawan yang kerap memberikan makan kepada Monyet yang berada di kawasan konservasi tersebut.

“ Dengan memberikan makanan kepada monyet dengan makanan yang dibeli di warung, sebenarnya mengakibatkan rusaknya kekayaan alam yang ada didalam lokasi Cagar Alam, karena tingkat populasi monyet akan membanyak dan tidak terbendung,” kata Yana, kepada HR, di ruang kerjanya, pekan lalu.

Menurut Yana, reproduksi monyet yang berada di Cagar Alam Pangandaran kalau terlalu banyak sebetulnya kurang baik, karena ketidakseimbangan antar makanan yang berasal dari dalam lingkungan Cagar Alam, dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh monyet.

“Dengan banyaknya monyet yang lahir dan tidak seimbang dengan stok makanan yang ada di dalam, maka dikhawatirkan monyet akan liar dan keluar lingkungan Cagar Alam. Yang akhirnya menjarah makanan warung yang dekat dengan lokasi Cagar Alam ,” katanya.

Karenanya, Yana menghimbau kepada pengunjung yang masuk ke lokasi Cagar Alam agar tidak memberi makanan kepada monyet yang berada di kawasan itu.

“Cagar Alam ini kan hutan konservasi, dimana jika ada hewan dan tumbuhan di kawasan ini harus dibiarkan. Jangan terlalu banyak diolah oleh manusia. Contoh kecil, misalnya, bila ada ranting pohon di kawasan hutan ini, jangan dipungut oleh pendatang atau masyarakat, jadi biarkan saja seperti apa adanya” ujarnya. (Syam)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!