Tembok Pembatas Jalan Ambrol

28/02/2013 0 Comments
Tembok/ pagar pembatas jalan di Dusun Madura, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali ambruk sejak dua bulan lalu. Warga dan pengguna jalan khawatir akan terperosok ke jurang, jika kawasan itu tidak segera diperbaiki. Foto : Eji Darsono/HR.

Tembok/ pagar pembatas jalan di Dusun Madura, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali ambruk sejak dua bulan lalu. Warga dan pengguna jalan khawatir akan terperosok ke jurang, jika kawasan itu tidak segera diperbaiki. Foto : Eji Darsono/HR.

Pengguna jalan khawatir terperosok ke jurang setinggi puluhan meter

Kawali, (harapanrakyat.com),- Pagar/ tembok pembatas jalan sepanjang 20 meter di jalur propinsi, tepatnya di Dusun Madura, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali ambruk. Penyebabnya karena tanah tebing, penyangga pagar pembatas tersebut ambrol sekitar dua bulan yang lalu karena diguyur hujan.

Sayangnya, selama itu, pihak pemerintah belum terlihat memperbaikinya. Padahal, mayoritas pengguna jalan seringkali merasa khawatir ketika melintasi kawasan jalan tersebut.

Asep, pengguna jalan asal Panawangan, Minggu lalu, mengatakan, jika kawasan tersebut tidak diperbaiki segera, dia khawatir justru akan menelan korban. Pasalnya, jurang yang berada di tepi jalan tersebut cukup dalam.

Menurut Asep, sementara ini, untuk mengatur lalu lintas kendaraan kawasan tersebut dijaga secara bergiliran oleh warga setempat. Upaya itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

“Yang bisa digunakan hanya separuh badan jalan. Jadi, menggunakan sistem buka-tutup untuk mengatur lalu lintas kendaraan,” ungkapnya.

Kepala Desa Purwasari, Iyan Al Redi, menyebutkan, pembatas jalan itu ambrol disebabkan lantaran intensitas hujan yang cukup tinggi, yang melanda kawasan tersebut. Akibatnya, tebing amblas dan menyeret pagar/ tembok pembatas yang ada di atasnya.

Menurut Iyan, jalan yang melintasi desanya itu merupakan jalan Propinsi. Meski demikian, pihaknya sudah menyampaikan usulan, melalui Pemkab. Ciamis, agar pembatas jalan itu diperbaiki secepatnya.

“Kami khawatir, kalau saja tidak cepat mendapat perbaikan, tak hanya memperlambat laju kendaraan saja, namun tidak menutup kemungkinan kendaraan yang melintas bisa terperosok ke dalam jurang,” pungkasnya. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply