Tower Telkomsel Sukajadi Pamarican Bermasalah

19/02/2013 0 Comments

Pamarican, (harapanrakyat.com),- Tower milik telkomsel yang berada RT14/RW04, Dusun Sukasari, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, bermasalah. Tower yang dikelola oleh PT. MUS Bandung ini, dari semenjak berdiri pada tahun 2004, belum memberikan konvensasi kepada warga sekitar. Bahkan, pihak perusahaan  tersebut disebut-sebut belum pernah membayar pajak ke pemerintahan.

Kepala Desa Sukajadi, Hudaefah, mengatakan, masyarakat di sekitar tower kerap kali menanyakan mengenai konvensasi tower tersebut. Pihaknya, sebagai pemerintah desa, tidak bisa berbuat banyak, karena sulitnya untuk berkomunikasi dengan perusahaan tower telekomunikasi tersebut.

“ Kami terus ditanya oleh warga mengenai konvensasi tower tersebut. Karena semenjek berdiri, kompesasi tersebut tidak ada sama sekali. Seharusnya ada kompesasi dari perusahaan kepada warga yang berdekatan dengan tower tersebut. Karena radiusnya yang berjarak 100 meter akan terkena dampak , bahkan sering terganggu siaran TV,” ujarnya, kepada HR, Senin (18/2).

Bahkan, menurut Hudaefah, pihak perusahaan yang memegang tower tekomsel tersebut, belum membayar pajak tahun 2011. “ Akibatnya, saya sudah dua kali dipanggil oleh Inspektorat Kabupaten mengenai permasalahan pajak tower ini,” katanya.

Karena pajak tower tersebut masuk ke data DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan Pajak) Desa Sukajadi, akhirnya data di kabupaten menyebutkan Desa Sukajadi  belum lunas.” Padahal pajak dari masyarakat lunas semua, saya juga sempat kaget. Ternyata pajak tower itu yang menjadi permasalahannya, “ terangnya.

Hudaefah pun meminta pajak tower tersebut tidak dimasukan ke DHKP Desa Sukajadi. Karena hanya akan menjadi beban pihak desa. “ Lebih baik pajak tower dipisah sendiri, karena selama ini juga kalau pihak perusahaan tower membayar pajak, tidak pernah memberitahu kepada pihak desa. Tetapi, kalau perusahaan tersebut bermasalah soal pembayaran pajak, pihak desa kerap terkena imbas,” pungkasnya. (Andri)          

Editor : Deni Supendi

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!