Alun-alun Langensari Pusat Kuliner Wilayah Banjar Timur

18/03/2013 0 Comments

Langensari, (harapanrakyat.com),- Tersedianya fasilitas taman Alun-alun di kota Kecamatan Langensari bukan hanya sekedar sarana hiburan semata, tapi ada peluang potensi ekonomi yang perlu terus diperhatikan dan dikembangkan guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta daya beli masyarakat.

Pernyataan tersebut diungkapkan Camat Langensari, Wawan Gunawan, SP, M.Si., dalam acara peresmian kawasan kuliner PKL Alun-alun Langensari, Jum’at (8/3). Dia berharap, kawasan kuliner Alun-alun Langensari bisa menjadi pusat jajanan, serta PKL percontohan.

“Untuk konsepnya kami sudah tawarkan ke dinas terkait maupun pihak-pihak yang peduli terhadap pengembangan PKL Alun-alun Langensari. Sehingga, cita-cita sebagai kota keduanya Banjar bisa tercapai,” kata Wawan.

Lanjut dia, keinginan menjadikan kawasan kuliner PKL Alun-alun Langensari sebagai pusat jajan dan PKL percontohan atas usulan masyarakat. Usulan tersebut telah dimasukkan dalam Musrenbang tingka kecamatan.

Konsep yang ditawarkan akan berjalan bila ada dukungan lintas sektoral atau kesinergitasan antar OPD terkait untuk pengembangan PKL secara komprehensif. Misalnya, Disperindagkop melakukan pembinaan dan pelatihan kepada PKL untuk pengembangan usahanya.

Kemudian,  Dinas Cipta Karya melaksanakan penataan keindahan taman Alun-alun, sehingga kawasan PKL terlihat nyaman dan bersih. Selanjutnya, Dinas PU melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan tetap mendukung kegiatan PKL. Satpol PP melaksanakan ketertiban dan menjalin kemitraan dengan PKL.

Namun, hal ini juga bisa berjalan atas kesadaran dan tanggung jawab dari PKL sendiri, maupun masyarakat Langensari untuk selalu menjaga dan mengembangkan kawasan kuliner.

“Kebijakan positif Pemkot Banjar membangun Alun-alun Langensari berfungsi sebagai lahan terbuka hijau, sarana rekreasi, hiburan, tempat upacara hari besar nasional, dan akhirnya berfungsi sebagai sarana ekonomi masyarakat. Untuk itu masyarakat harus sama-sama menjaga jangan sampai menggagu fungsi Alun-alun itu sendiri,” ujarnya.

Wawan menambahkan, pihaknya berharap para PKL harus mampu menciptakan jajanan khas atau produk unggulan Langensari. Keinginan mempunyai pusat jajan dan menjadi PKL percontohan bisa tercapai apabila ada kemitraan dan sinergitas antara masyarakat, PKL, pemerintahan desa dan kecamatan, serta lintas sektoral.

Karena, dengan terwujudnya keinginan tersebut, maka selain kegiatan ekonomi semakin maju dan daya beli masyarakat meningkat, juga imbasnya bisa menjadi PAD bagi pemerintahan setempat. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply