Anjar, “Kantor PWI Harus Jadi ‘Laboratorium’ Jurnalistik”

31/03/2013 0 Comments

Program Kerja Lebih Diarahkan pada Peningkatan Profesionalisme Wartawan

 

Anjar Asmara

Anjar Asmara

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah terpilih secara aklamasi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Ciamis- Banjar periode 2013-2016, Anjar Asmara, langsung melakukan pembenahan di tubuh organisasi wartawan tertua di Indonesia ini.

Ditemui HR, saat rapat koordinasi pengurus PWI Ciamis- Banjar (baru) periode 2013-2016, di kantor PWI Perwakilan Ciamis-Banjar, Minggu (24/3), Anjar mengatakan, sengaja mengundang seluruh pengurus PWI baru sebagai bentuk konsolidasi untuk merumuskan strategi dalam upaya pembenahan di tubuh organisasi.

” Kita membahas pembenahan di internal organisasi terlebih dahulu, dengan melakuan diskusi dan mendengarkan masukan dari para pengurus dalam rangka menyusun strategi dan agenda kerja ke depan. Intinya, kita ingin PWI Ciamis- Banjar ini memiliki kontribusi dalam peningkatan profesionalisme wartawan dan menjadi wadah silaturahmi anggota PWI,” ujarnya.

Sabagai strategi untuk menggeliatkan roda organisasi, lanjut Anjar, pihaknya akan membentuk Kesekertariatan kantor PWI Ciamis-Banjar yang melibatkan para anggota PWI yang belum memiliki jabatan dalam struktur pengurus.

” Kesekertariatan kantor PWI ini diberi tugas untuk membantu administrasi organisasi dan mengurus segala keperluan dan kebutuhan kantor PWI. Dibentuknya Kesekertariatan ini tujuannya agar kantor PWI Ciamis-Banjar lebih menggeliat, karena setiap hari ada aktivitas kerja,” terangnya.

Menurut Anjar, pihaknya pun saat ini tengah membenahi dan melengkepi fasilitas kerja kantor PWI, dengan melakuan penambahan komputer, membenahi interior kantor dan menambah fasilitas-fasilitas lainnya untuk menunjang kebutuhan wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.

” Pada kepengurusan PWI sebelumnya, kantor PWI ini sudah menjadi tempat kerja para anggota PWI dalam menulis dan mengirim berita ke perusahaan pers-nya masing-masing,” katanya.

“Karena fasilitas komputer dan internet sudah disediakan oleh PWI. Nah, kita sekarang akan berusaha untuk melengkapi fasilitasi yang ada, agar para anggota lebih terbantu dalam mengerjakan tugas jurnalistiknya, ” ujarnya menambahkan.

Menurut Anjar, fasilitasi yang akan dilengkapi, yakni akan menyediakan tempat konfrensi pers, sekaligus tempat berdiskusi para anggota dalam peningkatan profesionalisme wartawan.

” Kita juga akan menerima organisasi jurnalistik sekolah dan mahasiswa untuk diberi pelatihan jurnalistik atau diskusi dan sharing soal ilmu-ilmu jurnalistik. Intinya, kita ingin menciptakan kantor PWI Ciamis- Banjar ini sebagai ‘labotarium’ jurnalistik,” katanya.

Dengan begitu, sambung Anjar, diharapkan dapat menjadi wahana baru dalam meningkatkan profesinalisme dan pengetahuan jurnalistik para anggota PWI. ” Program yang akan kita usung dalam kepengurusan baru ini, lebih kepada peningkatan kemampuan jurnalistik dan profesinalisme para Anggota,” imbuhnya.

Anjar pun meminta seluruh pengurus dan anggota PWI Ciamis- Banjar untuk bersama-sama menyukseskan seluruh program kerja yang akan disusun oleh pengurus PWI baru.

“Program kerja akan kita rumuskan dulu dengan para pengurus, setelah itu kita akan mengundang seluruh anggota PWI Ciamis- Banjar untuk diminta usulan dan masukan. Intinya, kita siap menerima masukan dan kita juga ingin menciptakan demokrasi di tubuh PWI,” ujarnya.

“PWI Maju Satu Barisan”

Sementara itu, dalam sambutan pidatonya, usai pemilihan Ketua PWI Ciamis- Banjar, di hotel Tyara Ciamis, pekan lalu, Ketua PWI Ciamis- Banjar terpilih Anjar Asmara, menegaskan,

PWI Ciamis bisa maju dan solid dengan mengusung jargon “PWI Maju Satu Barisan”.

“ Selain itu, dalam kepengurusan PWI juga jangan sampai ada 2 matahari. Cukup hanya ada satu matahari. Artinya, dalam tubuh PWI hanya ada satu komando kepemimpinan demi majunya organisasi PWI, “tegasnya.

Anjar pun dengan lantang mengajak semua pengurus dan anggota PWI serta calon anggota PWI Ciamis untuk bekerja bersama-sama dan sama-sama bekerja. Dengan harapan, roda organisasi semakin kencang menggelinding menuju cita-cita

“Perlu diketahui pula bahwa PWI Perwakilan Ciamis- Banjar ini meliputi wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran,”pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply