Dinkes: Seorang Mahasiswa STIKES Ciamis Terjangkit HIV

31/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis kembali menemukan 1 orang penderita HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Ciamis. Sebelumnya, pihak Dinkes telah mencatat selama bulan Maret ini ditemukan 5 orang penderita HIV/AIDS. Dengan begitu, jumlah penderita kini bertambah menjadi 6 orang selama bulan Maret. Yang mengejutkan, 1 penderita yang baru ditemukan itu adalah salah seorang mahasiswa salah satu STIKES di Ciamis.

Kepala Seksi Penanganan Penyebaran Penyakit dan Penanggulangan Bencana Alam (P4B), Dinas Kesehatan Ciamis, Osep Hernandi M.Kes, ketika ditemui HR Senin (25/3), mengatakan, penderita HIV/AIDS di Ciamis ternyata tidak hanya dari kalangan PSK dan pemakai narkoba saja, namun dengan fakta baru salah satunya dari pasangan sejenis (gay). Seorang mahasiswa yang mengidap HIV/AIDS itu diduga seorang gay.

“Penderita tersebut kami temukan setelah ada laporan dari pihak PMI Kabupaten Ciamis bahwa ada salah seorang mahasiswa setelah melakukan kerjasama Donor Darah, ternyata darahnya terjangkit virus HIV/AIDS,” ungkapnya.

Osep melanjutkan, dengan adanya laporan tersebut, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan ulang ke salah satu labu darah yang disumbangkan oleh mahasiswa tersebut, untuk memastikan kebenarannya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kembali di Laboratorium Dinas Kesehatan Ciamis, dengan sampai tiga kali pemeriksaan, ternyata hasilnya menunjukan yang sama, bahwa darah yang disumbangkan mahasiswa tersebut positif ada virus HIV/AIDS,” jelasnya.

Dengan adanya temuan tersebut, lanjut Osep, kini di Kabupaten Ciamis ada fakta baru mengenai penderita HIV/AIDS. “Karena penderita yang kita temukan ternyata berbeda dari perkiraan sebelumnya. Sebab kebanyakan yang terjangkit HIV/AIDS di Ciamis, masih didominasi oleh pengguna narkoba jarum suntik dan PSK saja, akan tetapi ternyata ada juga penderita dari kaum pasangan sejenis,” ungkapnya.

Osep menambahkan, kejadian ini diluar perkiraan Dinas Kesehatan, khususnya bagian P4B. Sebab, selama ini sosialisasi yang dilakukan pihaknya, terus dilakukan di komunitas yang rentan peredaran penularan virus mematikan tersebut, yaitu kalangan pelajar dan juga mahasiswa.

Sesuai laporan yang diberikan Dinas Kesehatan Kab Ciamis, HR mencoba melakukan penelusuran dengan menemui beberapa mahasiawa STIKES itu, untuk menanyakan keberadaan mahasiswa tersebut. Dan hasilnya persis seperti yang diterima oleh Dinas Kesehatan bahwa penderita merupakan salah satu pasangan sejenis (gay).

Dihubungi terpisah, Bagian Kemahasiswaan salah satu STIKES di Ciamis itu, Dodi, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan, baik dari pihak PMI maupun Dinas Kesehatan terkait adanya salah satu mahasiswanya yang disinyalir terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Kami memang melakukan kerjasama donor darah dengan pihak PMI, namun jika ada hasil darah yang positif HIV/AIDS, kita belum menerima laporan yang pasti. Akan tetapi kita akan menanyakan langsung kepada pihak PMI dan juga Dinas Kesehatan untuk memastikan kebenaranya,”katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penanganan AIDS (KPA) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA, ketika ditemui HR, Senin (25/3), mengungkapkan keprihatinannya dengan banyaknya penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

Menurut Akasah, untuk menangani permasalahan HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis, perlu dukungan semua pihak, baik pemerintahan, tokoh masyarakat, ulama, tokoh pemuda, dan tentunya pengawasan yang dilakukan oleh keluarga. “Dengan begitu, kinerja yang kami lakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal,”imbuhnya.

Akasah mengatakan, dengan data dan fakta yang ada sekarang serta jumlah penderita HIV/AIDS yang terus meningkat, tentunya pihak KPA Ciamis akan memaksimalkan dalam melakukan sosialisasi yang terus menerus dan tidak hanya ditempat yang sudah ada penderitanya saja.

“Kita akan terjun langsung ke masyarakat dengan dukungan berbagai pihak untuk mensosialisasikan bahaya penyakit ini. Karena masyarakat pun belum semuanya paham soal penyakit mematikan ini,” tandasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply