(Dishub dan Polres Banjar) Perempatan Padat Lalin akan Dipasang CCTV

31/03/2013 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) bekerjasama dengan Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjar berencana memasang Closed Circuit Television (CCTV) di kawasan perempatan padat kendaraan. Tujuan pemasangan itu untuk memantau kepadatan, kelancaran dan pelanggaran lalu lintas.

Kepala Dishub Kota Banjar, Yoyo Suharyono, Rabu (20/3), mengatakan, pemasangan CCTV di sejumlah perempatan tersebut merupakan inisiatif dari Kapolres yang baru, AKP Asep Saepudin SIK.

“Bapak Kapolres sudah menunjuk bapak Wakapolres, karena dinilai berpengalaman, untuk menangani soal pemasangan CCTV ini,” ungkapnya.

Yoyo menuturkan, maksud dan tujuan pemasangan CCTV tersebut untuk melakukan pemantauan lalu lintas. Tak hanya itu, kamera jenis pengintai itu juga berguna untuk meminimalisir pelanggaran serta ketertiban di sejumlah titik keramaian.

“Pemasangan CCTV akan kita prioritaskan di kawasan perempatan. Dan untuk penentuan titiknya, kita serahkan kepada Wakapolres,” katanya.

Lebih lanjut, Yoyo menjelaskan, nantinya titik-titik yang dipasang CCTV, bisa langsung terlihat dan terpantau dari kantor Dishub. Selain untuk mengatur lalu lintas, Dishub juga bisa memantau beberapa pelanggaran lalu-lintas lainnya.

“Seperti ada peristiwa tabrakana atau lainnya. Kita bisa langsung memantaunya dan petugas bisa bergegas terjun ke lapangan,” katanya.

Di tempat terpisah, Wakapolres Banjar, Kompol Suherman, mengatakan, hasil pemantauan yang dilakukannya, terdapat tujuh titik perempatan yang akan dipasang CCTV. Perempatan itu diantaranya, Perempatan Soponyono, Djarum, Alun-alun, Persimpangan Jembar, Parungsari, Fly Over Langensari, dan Persimpangan  RCA.

Menurut Herman, pihaknya belum bisa menentukan kapan dan jenis kamera CCTV yang akan dipasang di sejumlah titik tersebut. “Kita akan pelajari terlebih dahulu. Mudah-mudahan secepatnya, kita realisasikan pemasangan CCTV tersebut,” pungkasnya. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!