(Kasatreskrim, Shohet SH.,MH) Imigran Gelap Gunakan Modus & Jalur Baru

20/03/2013 0 Comments

Puluhan Imigran berhasil ditangkap di wilayah Pangandaran

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jajaran Polres Ciamis mengamankan sedikitnya 40 Imigran gelap asal Iran. Kali ini, imigran tersebut menggunakan modus berbeda, mereka menaiki mobil truk jarak dekat untuk mengelabui polisi. Sayangnya, aksi tersebut tidak berhasil, dan akhirnya tertangkap di wilayah Kalipucang, Pangandaran dan Parigi.

Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana., S.Ik., melalui Kasat Reskrim, Shohet SH.MH., Selasa, (19/3), mengatakan, modus yang dilakukan oleh para imigran gelap merupakan modus baru untuk mengelabui polisi.

Modus seperti ini termasuk baru, kata Shohet, selama pihaknya beberapa kali mengamankan imigran gelap. Selain menggunakan truk, para imigran juga menggunakan jalur baru.

Shohet menuturkan, Satgas Korp Polda Jabar akan datang ke Ciamis untuk melakukan pemeriksaan kasus ini. Lalu kasus ini juga akan dilimpahkan dari Polres Ciamis ke bagian Unit PPA Polda Jabar.

“Kami juga sudah tetapkan keempat sopir truk menjadi tersangka. Alasannya, karena mereka terlibat ikut menyelundupkan imigran. Mereka terancam undang-undang keimigrasian Pasal 120 No 6 tahun 2011, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah penyelundupan Imigran di kemudian hari, Polres Ciamis akan menggealr penyuluhan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di sepanjang jalur yang sering dilalui imigran.

“Sedangkan langkah preventifnya, kami juga akan terus berpatroli ke daerah-daerah strategis yang berpotensi dilalui mereka,” imbuhnya.

Dua hari sebelumnya, HR berhasil terjun bersama dengan jajaran Polsek Kalipucang. Disana, belasan imigran gelap asal Timur Tengah yang hendak meminta suaka ke Negara Australia, berhasil digagalkan jajaran Polsek Kalipucang.

Petugas Kepolisian Kalipucang terpaksa menangkap para imigran gelap tersebut dengan mengejarnya ke semak-semak. Polisi terpaksa mengejar para imigran gelap asal Timur Tengah, yang mencoba melarikan diri dari sergapan petugas.

Di Kalipucang, sedikitnya 13 imigran gelap dari Irak dan Iran langsung diamankan ke Mapolsek. Para imigran gelap ini berhasil ditangkap berkat laporan dari warga. Mereka dipergoki warga, karena hendak menaiki sebuah perahu di Pantai Kalipucang.

Wardi, Sopir bus Sony, mengatakan, para imigran tersebut naik dari arah Parigi, dan hendak menuju ke pelabuhan di Kalipucang. Saat itu, para imigran membayar ongkos sebesar Rp. 50 ribu kepada Wardi.

Bersamaan dengan itu, pulhan imigran lainnya berhasil ditangkap di wilaayh Parigi dan Pangandaran. Para imigran gelap itu langsung diserahklan ke Polres Ciamis. (dsw/ entang)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!