(Kota Banjar Targetkan Raih Adipura PII 2013) Bu Wali Pimpin Beberesih di Pasar Banjar

20/03/2013 0 Comments
Ketua TP PKK Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP, M.Si., bersama kader PKK Kelurahan Pataruman, sedang melakukan bebersih di kawasan Pasar Banjar. Foto : Eva Latifah/HR.

Ketua TP PKK Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP, M.Si., bersama kader PKK Kelurahan Pataruman, sedang melakukan bebersih di kawasan Pasar Banjar. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang akhir masa jabatan Walikota Banjar DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., satu prestasi yang belum pernah diraih Kota Banjar adalah penghargaan Adipura. Untuk itu, penilaian Adipura PII tahun 2013 yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu (19-20/3), Pemerintah Kota melalui Dinas Ciptakarya, Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Lingkungan Hidup (DCKPPLH) Kota Banjar, berupaya keras untuk meraih penghargaan tersebut.

Disaat menjelang penilaian, berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Banjar, mulai dari himbauan kepada masyarakat, hingga penyediaan sarana prasarana untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, hijau dan tertata rapih.

Titik pantau penilaian Adipura PII tahun 2013 di Kota Banjar masih tetap sama seperti sebelumnya, yakni meliputi perumahan menengah, jalan arteri, jalan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit, taman kota, hutan kota, terminal bis, stasiun KA, sungai, TPA, dan komposting.

Kepala Bidang Kebersihan, Pemakaman dan Pertamanan DCKPPLH Kota Banjar, Asno Sutarno, SP, MP, mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pengelolaan sampah berbasis 3 R, dan menyediakan sarana prasarana infrastruktur, seperti TPS, TPA.

Bukan hanya itu, pemeliharaan maupun penanaman pohon peneduh di setiap turus jalan juga telah dilakukan. Namun demikian, penghargaan Adipura akan sulit diraih tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat.

“Secara umum Kota Banjar sudah siap dinilai. Hanya saja yang menjadi kendala kali ini adalah pengelolaan persampahan di Pasar Banjar. Pengelolaannya diserahkan kepada pihak UPTD Pasar, namun ternyata tidak berjalan optimal,” ujar Asno, kepada HR, Senin (18/3).

Menjaga kebersihan lingkungan, lanjut Asno, bukan hanya kewajiban petugas kebersihan atau pasapon saja, tapi seluruh masyarakat, serta semua instansi pemerintah dan swasta di Kota Banjar.

Pihaknya berharap, dalam penilaian Adipura PII tahun 2013 ini ada pergerakan dari masyarakat. Sebab, bila semua indikator penilaian Adipura tercapai, dipastikan penghargaan Adipura mudah diraih.

Sementara itu, melihat belum optimalnya pengelolaan sampah di kawasan Pasar Banjar, maka Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman DCKPPLH bersama TP PKK Kota Banjar, pada Selasa pagi (19/3), melakukan beberesih di kawasan tersebut.

Gerakan operasi bersih (opsih) yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP, M.Si., dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Dalam kegiatan opsih itu Hj. Ade menghimbau kepada para pedagang maupun penarik becak dan ojeg yang ada di kawasan Pasar Banjar, supaya sama-sama menjaga serta memelihara kebersihan lingkungan.

“Banjar ingin mendapatkan penghargaan Adipura. Secara umum, tingkat kebersihan di wilayah Kota Banjar sudah bagus. Namun, berdasarkan catatan tim penilai pada saat penilaian Adipura sebelumnya ternyata kebersihan di pasar masih kurang. Bangunan pasar sudah bagus, untuk itu semua pedagang harus menjaga kebersihannya, jangan buang sampah sembarangan,” himbaunya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!