Maret, Dinkes Temukan 5 Penderita HIV/AIDS

20/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Ciamis kembali mencatat jumlah penderita HIV/AIDS untuk bulan Maret 2013. Dari data tersebut, terlihat adanya peningkatan yang cukup siginifikan terkait jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis. Tercatat 5 orang penderita yang ditemukan selama bulan Maret ini. Hal itu diketahui setelah adanya laporan dari puskesmas di 36 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Kepala Seksi Penanganan Penyebaran Penyakit dan Penanggulangan Bencana Alam (P4B), Dinas Kesehatan Kab Ciamis, Osep Hernandi M,Kes, ketika ditemui HR Jum’at (15/3), mengatakan, jumlah penderiata HIV/AIDS untuk Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan yang menyeluruh di tiap kecamatan.

“Sekarang penderita HIV/AIDS tersebar di setiap kecamatan dan jumlah tersebut bisa jadi lebih banyak lagi dari data yang kita temukan di lapangan. Karena penyebaran HIV ini seperti gunung es,” ujarnya.

Menurut Osep, pihaknya kini masih kesulitan untuk mendekteksi orang yang terkena penyakit mematikan ini, karena kebanyakan mereka yang tidak berani untuk memeriksakan diri. Karenanya, data jumlah penderita HIV/AIDS yang dimiliki pihaknya belum mencerminkan data sesungguhnya di lapangan.

“Tetapi, kami terus melakuan pemantauan yang bekerjasama dengan puskesmas dan rumah sakit. Artinya, kita akan terus berusaha untuk mencari lagi penderita yang belum terdata,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, dengan kondisi seperti ini, tentunya pihaknya akan lebih waspada dan terus melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang sudah di vonis menderita penyakit mematikan tersebut, sehingga keberadaan mereka dapat terpantau dan tidak menyebarkan terhadap yang lain, khususnya penderita yang kesehariannya bekerja sebagai Penjaja Sex Komersial atau PSK.

Bahkan menurut Osep, jumlah untuk tahun 2013 jelas mengalami penambahan dari tahun sebelumnya. Untuk itu pihaknya mengharapkan kepada seluruh puskesamas yang tersebar di 36 kecamatan agar ikut membantu dalam mensosialisasikan bahaya penyakit HIV/AIDS.

“Pederita yang tercatat untuk awal bulan Maret ada 5 orang dari 5 kecamatan di Kabupaten Ciamis. Yakni dari Kecamatan Baregbeg, Ciapku, Ciamis, Sindangkasih dan Cimerak. Adapun mengenai jenis kelamin, terdiri dari 3 perempuan dan 2 laki-laki,”jelasnya

Selain itu, lanjut Osep, dari hasil survey yang dilakukan pihaknya di wilayah Kabupaten Ciamis, ditemukan penderita HIV/AIDS yang ditularkan dari hubungan sejenis atau kaum gay yang keberadaannya sangat sulit dideteksi.

“Dengan fakta tersebut jelas kita akan lebih ektra ketat dalam melakukan sosialisasi dan pengawasan, terutama adanya komunitas kaum gay di Kabupaten Ciamis. Fakta itu tentunya jauh dari perkiraan, mengingat Ciamis merupakan kota kecil,”tegasnya

Untuk itu pihaknya mengharapakan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kabupaten Ciamis segera mengambil tindakan untuk membantu Dinas Kesehatan dalam penanggulangan penderita HIV/AIDS, yang keberadaannya sangat membutuhkan perhatian serta penanggulangan.

Sementara itu, Ketua KPA Kabupaten Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA, ketika dikonfirmasi HR Minggu (17/3), mengatakan, pihaknya akan segera melakukan tindakan cepat untuk penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis menyusul adanya laporan peningkatan penderita tersebut.

“Dengan kepengurusan KPA yang baru dibentuk sekarang, serta dengan adanya data-data penderita HIV/AIDS di Kab Ciamis yang meningkat, tentunya menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Kita juga meminta bantuan dan dukungan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan untuk mengatasi permasalahan ini,” ujarnya.

Untuk langkah pertama, kata Akasah, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke setiap sekolah dan juga perguruan tinggi, karena usia produktif sangat rentan terhadap penyebaran penyakit tersebut, mengingat pergaulan anak muda saat ini yang sudah sangat memperihatinkan. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply