MCK Jadimulya Ambruk, Warga Minta Perbaikan

31/03/2013 0 Comments

DKCTLH upayakan perbaikan di perubahan anggaran

Fasilitas umum berupa MCK yang dibangun tahun 2005 melalui PKPS BBM, di Lingkungan Jadimulya, Kel. Hegarsari, terlihat ambruk di bagian lantainya. Foto : Eva Latifah/HR.

Fasilitas umum berupa MCK yang dibangun tahun 2005 melalui PKPS BBM, di Lingkungan Jadimulya, Kel. Hegarsari, terlihat ambruk di bagian lantainya. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-  Fasilitas umum berupa tempat mandi, cuci, kakus (MCK) yang dibangun tahun 2005 melalui Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS BBM), di Ligkungan Jadimulya, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, tepatnya di bawah jembatan rel kereta api, ambruk. Akibatnya, tidak  bisa digunakan warga setempat.

Bangunan yang mengalami ambruk yakni di bagian lantai, letaknya berada di samping sumur resapan. Warga meminta pemerintah kota melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan. Sebab, fasilitas tersebut sangat diperlukan oleh warga untuk keperluan MCK sehari-hari.

Saat dijumpai HR, Ujang, warga setempat, mengungkapkan, sudah satu minggu fasilitas MCK mengalami kerusakan. Menurut dia, jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan air sumur di lokasi itu menjadi tercemar.

“Jadi, selain sarana dan prasarana MCK itu sangat diperlukan oleh kami, juga lokasinya berdekatan dengan Sungai Ciroas dan tempat pembuangan sampah sementara, kami khawatir air sumur tercemari. Sebelumnya sumur terhalangi oleh lantai, tidak terbuka seperti sekarang,” tutur Ujang, Minggu (24/3).

Dijumpai di tempat yang sama, salah seorang tokoh masyarakat Lingkungan Jadimulya, sekaligus anggota Komisi C DPRD Kota Banjar, Anwar Hartono, membenarkan bahwa fasilitas tersebut memang diperlukan sekali oleh masyarakat setempat.

Meski kondisi bangunan sudah terlihat jelek, namun air yang ada di sumur resapannya tidak pernah surut walaupun saat musim kemarau. Dengan demikian, maka sarana prasarana MCK di lingkungannya banyak digunakan masyarakat.

“Tolong dinas terkait dalam hal ini Dinas Cipta Karya sebagai leading sektornya, kalau memang anggarannya ada mohon diperhatikan kebutuhan masyarakat, karena ini menyangkut kepentingan umum. Fasilitas MCK umum di lingkungan kami ini manfaatnya banyak dirasakan warga,” kata Anwar.

Cipta Karya Upayakan Perbaikan di Perubahan

Sementara di tempat terpisah, Kabid. Cipta Karya Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, David Abdillah, ST, MM., ketika ditemui HR, Senin (25/3), mengatakan, pihaknya harus melihat dulu anggaran yang ada.

Jika ternyata dana yang diperlukan besar, maka usulan perbaikan akan diupayakan agar dapat tertanggulangi pada anggaran perubahan. Karena, dalam anggaran murni sudah ditetapkan sesuai peruntukkannya berdasarkan usulan yang telah masuk sebelum anggaran tersebut disyahkan DPRD Kota Banjar.

“Kita pasti mengecek ke lokasi, sebab pernah sebelumnya ada usulan untuk perbaikan fasilitas air bersih MCK airnya kurang bagus, tempatnya sama di dekat Sungai Ciroas. Jadi berarti ada dua titik MCK di lokasi itu. Tapi usulan tersebut pasti kita usahakan, cuma harus lihat dulu anggarannya, mudah-mudahan bisa masuk di perubahan,” kata David. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply