(Menyusul Musrenbang “Dibanjiri” Usulan Infrastruktur) Tahun 2014, Pemkab Diminta Fokus Tuntaskan Perbaikan Jalan

18/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- DPRD Ciamis mendorong Pemkab untuk memfokuskan pembangunan tahun 2014 pada perbaikan infrastruktur jalan. Hal itu menyusul banyaknya usulan dari berbagai daerah di Kabupaten Ciamis yang ditampung dalam Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat kabupaten, yang mayoritas mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan.

Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni, mengatakan, selain banyaknya usulan dari berbagai daerah mengenai perbaikan jalan, juga pada agenda RPJMD Kabupaten Ciamis di tahun ke 4 dan ke 5 ini memuat mengenai penuntasan program pembangunan insfrastruktur yang difokuskan pada perbaikan sarana jalan.

” Artinya, usulan dari masyarakat melalui Musrenbang selaras dengan agenda RPJDM Kabupaten Ciamis. Dengan begitu, Pemkab harus merealisasikan usulan aspirasi rakyat dan agenda RPJMD tersebut, ” katanya, kepada HR, Senin (12/3).

Mengenai adanya 1453 usulan perbaikan jalan desa yang ditampung dalam Musrenbang Kabupaten Ciamis Tahun 2014, Asep mengatakan, perbaikan jalan desa pun harus menjadi prioritas. Karena jalan desa juga merupakan akses ekonomi warga di wilayah pedesaan. ” Hanya, kalau program perbaikan jalan desa dengan memakai solusi bantuan aspal, kita tidak sependapat. Karena tidak semua jalan desa bahan matrial kontruksinya menggunakan aspal,” imbuhnya.

Sebab, lanjut Asep, beberapa jalan desa di wilayah Ciamis Selatan, seperti Lakbok, Mangunjaya dan Padaherang, tidak lagi menggunakan aspal, melainkan dengan kontruksi pengecoran dengan menggunakan semen.

“Jadi, setiap daerah berbeda kebutuhannya. Kalau di daerah Padaherang dipaksakan dengan bantuan aspal, pasti pihak desa di sana akan menolaknya. Karena tekstur tanah di sana tidak cocok menggunakan aspal, dan akan cepat rusak jika dipaksakan menggunakan aspal,” terangnya.

Karenanya, kata Asep, baiknya Pemkab Ciamis memberikan bantuan melalui dana bantuan yang disalurkan ke sejumlah desa. ” Tapi, nilai porsi anggaran bantuannya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa. Artinya, setiap desa tidak sama nilai nominal bantuannya, karena Pemkab mengacu kepada kebutuhan masing-masing desa,” ungkapnya.

Sementara mengenai 169 usulan perbaikan jalan kabupaten, kata Asep, pihaknya bersama Pemkab Ciamis akan mengupayakan anggaran untuk menuntaskan permasalahan jalan kabupaten yang mengalami kerusakan.

“Selain anggaran dari kabupaten, kita bersama Pemkab juga tengah berupaya mendapatkan bantuan anggaran dari provinisi dan pusat untuk anggaran perbaikan jalan,” ujarnya.

Karena, lanjut Asep, kalau hanya mengandalkan dari anggaran kabupaten, tentunya sangat minim. Makanya, perlu adanya bantuan provinsi dan pusat untuk menambah anggaran guna menuntaskan program perbaikan jalan kabupaten.

“Kebutuhan anggaran untuk menuntaskan perbaikan jalan di Ciamis sangat besar biaya yang harus dikeluarkan. Sementara anggaran kabupaten sangat terbatas,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Bappeda Kab. Ciamis, Ir. Nurhastuty, didampingi Sekretaris Bappeda, Unang Danuarso, mengungkapkan, dalam data ajuan Musrenbang 2014, ada sekitar 169 kegiatan menyangkut kebutuhan jalan dan jembatan yang berstatus pengelolaannya oleh Pemkab Ciamis.

Unang menjelaskan, dari 169 kegiatan dari usulan jalan dan jembatan, ada sekitar 108 kegiatan yang usulannya sama dengan apa yang diprogramkan oleh Dinas Bina Marga Ciamis. “ Artinya, usulan  yang 108 kegiatan dari seluruh kecamatan itu, selaras dengan apa yang sudah diprogramkan oleh dinas terkait. Semantara yang 61 usulan lagi, berarti tambahan usulan aspirasi masyarakat dari hasil Musrenbang desa dan Musrenbang Kecamatan,’ terangnya.

Selain usulan jalan kabupaten, lanjut Unang, usulan untuk perbaikan jalan desa pun mengemuka pada usulan Musrebang tahun 2014. Menurutnya, sekitar 1453 usulan datang dari berbagai desa di Kabupaten Ciamis untuk perbaikan jalan desa.

Menurut Unang, usulan untuk perbaikan jalan dan jembatan, paling tinggi persantese usulannya dan paling besar pula anggaran yang dibutuhkan, jika dibandingkan dengan usulan untuk program lainnya. Untuk usulan jalan dan jembatan milik Pemkab Ciamis saja, dimana ada 169 usulan, membutuhkan anggaran sekitar Rp. 274, 6 milyar untuk mengcover seluruh usulan tersebut.

Sementara untuk kebutuhan perbaikan jalan desa, yang dimana terdapat 1453 usulan, membutuhkan anggaran sekitar Rp. 215,5 milyar. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply