(Pembalap Kecewa) Pembatalan Sepihak Balapan BMX di Jambore Sepeda

18/03/2013 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Anak-anak pecinta olahraga sepeda BMX yang tergabung dalam All Star Bike Kota Banjar, mengaku kecewa atas tidak digelarnya lomba balap sepeda BMX dalam rangkaian acara Jambore Sepeda yang dilaksanakan Minggu (10/3).

Mereka mengatakan, berdasarkan informasi yang tercantum pada baligho dan spanduk, bahwa lomba balap sepeda BMX akan digelar di lapang sirkuit PU Doboku, tanggal 10 Maret 2013, yakni berbarengan dengan acara Festival Citanduy dalam rangka memeriahkan HUT Kota Banjar ke-10.

Namun, hingga tiba hari pelaksanaan pihak panitia penyelenggara kegiatan Jambore Sepeda tidak memberikan pemberitahuan mengenai pembatalan lomba balap sepeda BMX. Padahal, para calon peserta sudah tiba di lokasi sejak pagi hari.

“Terus terang saja kami kecewa, kenapa rangkaian acara Jambore Sepeda tidak sesuai dengan yang tertera di spanduk dan baligho, dimana di situ dicantumkan ada lomba sepeda BMX. Padahal, bagi kami lomba tersebut sangat dibutuhkan untuk menyalurkan bakat sekaligus meningkatkan prestasi,” tutur Riky, anggota All Star Bike Kota Banjar, kepada HR, Minggu (10/3).

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau memang lomba itu tidak jadi digelar, seharusnya jangan dicantumkan dalam spanduk, sehingga para pecinta olahraga sepeda BMX tidak akan terlalu merasa kecewa.

Menurut Riky, calon peserta yang akan mengikuti perlombaan tersebut bukan hanya dari Kota Banjar saja, tetapi banyak pula dari luar daerah, seperti Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran.

Kekecewaan serupa diungkapkan Nugraha, anggota All Star Bike lainnya. Dia dan teman-temannya mengaku malu ketika calon peserta yang datang dari luar daerah mengetahui bahwa lomba balap sepeda BMX batal digelar.

“Bukan kita saja yang merasa malu, tapi ini memalukan juga buat Kota Banjar. Mereka jauh-jauh datang ternyata begitu sampai di lokasi sama sekali di sirkuit tidak ada tanda-tanda akan digelar balap sepeda. Mereka nanyanya sama kita sebagai pribumi, tapi kita juga tidak tahu alasannya kenapa tidak jadi, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari panitia,” tuturnya.

Nugraha mengatakan, pihaknya berharap dalam kegiatan Festival Citanduy kedepan bisa seperti tahun sebelumnya, dimana komunitas pecinta olahraga balap sepeda BMX diberi kesempatan untuk ikut memeriahkan HUT Kota Banjar, sekaligus sebagai ajang mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi.

Sementara di lain pihak, Ketua Panitia Jambore Sepeda, Dadi Mulyadi, ST., saat dijumpai HR disela-sela kegiatan Jambore Sepeda, Minggu (10/3), mengatakan, pelaksanaan lomba balap sepeda BMX diundur menjadi sore harinya. Sebab, pagi sampai siang harinya di Lapang PU juga sedang digelar lomba pemilihan Putri Citanduy.

“Untuk balap sepeda BMX tetap akan dilaksanakan, tapi nanti sore. Dan kami tidak mengundang peserta dari luar daerah, acara itu khusus lokalan saja sebab dananya tidak mencukupi kalau untuk kelas terbuka,” kata Dadi singkat.

Namun, hingga sore hari keadaan sirkuit balap sepeda BMX di kawasan Lapang PU Doboku masih tetap sepi. Saat itu di sirkuit tersebut terlihat hanya ada empat orang saja yang tengah latihan, seperti hari-hari biasanya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply