Proyek Taman RTH Cigembor Belum Rampung?

20/03/2013 0 Comments

DPRD Minta Dinas Cipta Karya Tegur Pemborong

Lokasi Pengerjaan Proyek RTH Cigembor yang belum rampung alias molor.  Foto : Eli Suherli/HR.

Lokasi Pengerjaan Proyek RTH Cigembor yang belum rampung alias molor. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Proyek pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dikerjakan oleh CV Wahana Bangun Sentosa, di Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, dengan total nilai proyek sebesar Rp 700 juta, hingga saat ini pengerjaannya belum selesai. Padahal, masa waktu kalender yang ditentukan sudah habis.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis,Wowo Kustiwa, ketika ditemui HR, Senin (18/3), menyayangkan jika anggaran yang cukup besar itu masih menyisakan pekerjaan. “ Kalau pekerjaan belum selesai setelah masa kalender habis, tentunya sudah masuk pelanggaran,” tegasnya.

Wowo mengungkapkan, semua pekerjaan yang anggarannya bersumber dari bantuan provinsi tahun anggaran 2012 seharusnya sudah selesai. Namun masih saja ada pemborong yang belum menyelesaikan pekerjaan. “ Kelalaian itu harus ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya lagi.

“Apabila pemborong tidak menyelesaikan pekerjaan tentunya dinas yang mengeluarkan kebijakan dalam pembangunan RTH segera mengambil tindakan supaya pemborong menyelesaikan pekerjaan,”ungkapnya menambahkan.

Menurut Wowo, setelah melakukan peninjauan lapangan, ternyata pembangunan RTH Cigembor masih menyisakan pekerjaan sekitar 25 persen.” Belum tuntasnya proyek tersebut kini jadi mengundang tanya. Apakah memang anggaran untuk proyek tersebut hanya sampai di situ? atau ada kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan pemborong? Kita juga belum mengetahui sebabnya, karena proyek itu bantuan provinsi,”ungkapnya.

Padahal, kata Wowo, dengan anggaran yang cukup besar, tentunya pekerjaan yang dihasilkan pemborong bisa menghasilkan kualitas yang baik. “ Nanti kita akan konfirmasi Dinas Cipta Karya sebagai leading sektor proyek ini, terkait belum tuntasnya pengerjaan proyek tersebut,” ujarnya.

Wowo juga menegaskan, Dinas Cipta Karya Ciamis agar melakukan pemanggilan terhadap pemborong yang mendapat pekerjaan proyek RTH Cigembor, agar secepatnya menyelesaikan pekerjaan.

Sementara itu, Kabid Tata Ruang Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan, Kabupaten Ciamis, Drs. Bambang, M.Sc, ketika dikonfirmasi HR, Selasa (19/3), mengatakan, proyek pembangunan taman RTH Cigembor memang belum diselesaikan secara tuntas. Karena anggaran tersebut hanya untuk membangun RTH sekitar 5000 meter persegi. Sementara luas tanah tersebut sekitar 12000 meter persegi.

“Tidak selesainya pekerjaan RTH Cigembor, bukan berarti pengerjaan proyek belum tuntas. Memang karena proyeknya hanya sampai di situ. Bahkan kami telah berkoordinasi dengan CV. Wahana Bangun Sentosa bahwa keseluruhan pekerjaan akan diselesaikan, namun  dengan anggaran baru dari propinsi,”jelasnya.

Bambang melanjutkan, RTH Cigembor pembangunannya akan dituntaskan dengan anggaran baru dengan nilai yang sama, yaitu Rp 700 juta, sehingga kelebihan tanah yang belum diselesaikan bisa dikerjakan kembali. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!