Raskin Gratis Dimulai April Mendatang

18/03/2013 0 Comments

Pembagian kartu berdasarkan RTS pendataan PPLS 2011

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemberlakuan beras miskin (raskin) gratis akan dilaksanakan mulai April 2013, atau tepatnya luncuran keempat. Sementara peluncuran Kartu Raskin direncanakan sekitar akhir bulan Maret ini.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari empat kebijakan pro-rakyat yang digulirkan Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., menjelang akhir masa jabatannya, salah satunya pembebasan biaya pembelian raskin. Pembebasan biaya pembelian raskin dianggarkan dari APBD Kota Banjar sekitar Rp.2,7 miliar per-tahun.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Banjar, H. Ruswa Sumarna, mengatakan, data yang digunakan untuk pembagian Kartu Raskin adalah berdasarkan Rumah Tangga Sasaran (RTS) hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011, yang dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Namun, apabila ternyata data tersebut sudah tidak sesuai, maka setiap Kepala Desa dan Lurah boleh mengganti, dalam arti menyesuaikan dengan kondisi di lapangan melalui musyawarah desa/kelurahan.

“Jumlah penerima raskin berdasarkan PPLS tahun 2011 sebanyak 9.686 RTS, dan jatah raskin untuk Kota Banjar per-tahun mencapai 145.290 kilogram. Jumlah RTS mengalami penurunan dari sebelumnya. Itu artinya daya beli masyarakat Banjar mengalami peningkatan,” kata Ruswa, Senin (11/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan, raskin gratis mulai diberlakukan pada luncuran keempat, yakni bulan April jika dihitung berdasarkan ketepatan waktu. Artinya tidak terjadi penangguhan pengiriman raskin diluncuran pertama, yaitu bulan Januari hingga luncuran ketiga bulan Maret.

Kalau luncuran pertama, kedua dan ketiga masih ada penunggakan, berarti luncuran keempat ditangguhkan sampai pembayaran selesai. Bagi yang menunggak dalam batas-batas tertentu disediakan dana talang oleh Pemkot Banjar.

“Meski Pemkot menyediakan dana talang, tapi alangkah baiknya begitu datang raskin langsung dibayar, sehingga tidak akan mengganggu pada luncuran berikutnya,” kata Ruswa.

Seperti halnya kemarin saat luncuran raskin kesatu yang harusnya bulan Januari, ternyata datangnya Februari. Dengan demikian, perlu masyarakat ketahui bahwa pemberlakuan raskin gratis dimulai pada luncuran keempat, bisa bulan April, Mei atau bulan berikutnya. Sebab, pada luncuran sebelumnya telah terjadi keterlambatan. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply