Residivis Curanmor Diringkus di Kedungjarian

31/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Polres Ciamis berhasil meringkus satu orang residivis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), berinisial K, di Dusun Kedungjarian Desa Sidaharja Kec. Lakbok Kab. Ciamis. Dalam penangkapan itu, Polisi mengamankan satu unit mobil Kijang Kapsul berwarna merah, berikut STNK, dengan Nopol Z 1528 YA, satu buah Laptop berwarna merah, empat buah handphone dan uang tunai sebesar Rp. 8,5 juta.

Wakapolres Ciamis, Kompol Hasyim Risahondua, didampingi Kasat Reskrim, AKP Shohet S.H., MH., Selasa, (26/3) mengatakan, pelaku merupakan residivis Curanmor dan baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kuningan, sekitar satu bulan kebelakang.

Menurut Hasyim, modus yang dilakukan pelaku, yaitu, dengan cara merusak dan mencongkel jendela tralis rumah milik korban, menggunakan linggis kecil dan obeng, kemudian membawa mobil hasil curiannya. Rencananya, mobil tersebut akan dijual di daerah Kab. Lebak Banten.

Setelah mendalami kasus dan melakukan pengembangan, kata Shohet, Polres Ciamis juga mengamankan tiga unit kendaraan bermotor dari hasil pencurian yang dilakukan pelaku (K) di tempat lain.

Diantaranya, satu unit motor Honda Spacy dan Honda Revo berwarna merah, dan satu unit motor Yamaha Jupiter MX warna biru silver. Selain K, polisi juga mendapati pelaku lain yang terlibat, dengan inisial I.

Namun sayang, pelaku I, masih buron dan ditetapkan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Menurut Hasyim, K merupakan residivis. Menurut pengakuan pelaku, dia sering keluar masuk penjara, dan pernah ditahan di Kab. Subang, Cirebon dan Kuningan.

“Pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP Pidana denganancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” imbuhnya.

Sementara itu, K, ketika dimintai keterangan, mengatakan, hasil dari aksinya itu biasanya dijual dengan harga murah. Mobil kijang kapsul dijual dengan harga Rp. 6 juta, sedangkan kendaraan roda dua dijual dengan harga Rp 1 juta.

“Terpaksa saya mencuri, karena harus membiayai istri dan tiga anak. Sekarang saya pasrah, tinggal di tempat baru ini (Penjara),” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!