(Soal Penipuan CPNS) Inspektorat Periksa Oknum PNS

20/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Inspektorat Kabupaten Ciamis akhirnya melakukan pemeriksaan terkait kasus penipuan dan percaloan CPNS yang diduga dilakukan oleh 3 oknum PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Ciamis. Sebagai tahapan awal pemeriksaan, Inspektorat Ciamis, Senin (18/3), memanggil korban penipuan CPNS untuk dimintai keterangannya.

Insfektur Insfektorat Kabupaten Ciamis, Mahmud, SH, MH,mengatakan, secara kedinasan Inspektorat merasa harus bertanggung jawab terhadap kejadian yang menimpa Yuyun sebagai korban penipuan CPNS yang diduga ditipu oleh oknum PNS. “Karena bagaimana pun ini adalah terkait citra PNS, dan saya telah melakukan pemanggilan kepada Yuyun untuk dimintai klarifikasi tentang aduannya,” ujarnya, kepada HR, di ruang kerjanya, Senin (18/3).

Terkait langkah selanjutnya, lanjut Mahmud, pihaknya akan melihat perkembangannya, untuk mengetahui sejauh mana duduk permasalahan sebenarnya. Karena dalam hal ini, ada pengakuan yang berbeda dalam BAP yang dilakukan Dinas Pendidikan. Dalam BAP Disdik, menurut pengakuan terduga IS, bahwa Yuyun langsung menyerahkan uang kepada Cucu. Tapi dalam surat aduannya Yuyun, disebutkan bahwa IS meminta uang kepada Ibunya Yuyun.

“ Maka untuk itu, semua pihak akan kita untuk dimintai keterangannya, agar permasalahan ini cepat selesai dan menghasilkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kasubid Pembinaan Pegawai BKDD Kabupaten Ciamis, Sujono, mengatakan, permasalahan ini tengah dalam pengkajian dan dalam tahapan proses penelaahan untuk nantinya ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Setelah nanti ditelaah, nanti akan disimpulkan terkait masalah ini. Apabila hasil dari BAP dianggap melanggar PP Nomer 53 Tahun 2010 dan ternyata tindakan pelanggarannya adalah pelanggaran berat, maka nanti dari Inspektorat akan ada surat tugas ke BKD untuk membuat tim. Namun bila pelanggarannya ringan, maka kemungkinan besar cukup ditangani oleh pihak SKPD terkait saja, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis,” katanya.

Sementara itu, korban penipuan CPNS, Yuyun Supriatna yang juga seorang guru sukwan disalah satu SDN Kecamatan Cijulang, membenarkan dirinya dipanggil oleh Inspektorat Kabupaten Ciamis untuk dimintai keterangan terkait kasus penipuan dan percaloan CPNS yang melibatkan 3 oknum PNS.

Menurut Yuyun, pemanggilan itu menyusul dirinya melayangkan dua kali surat aduan terkait modus penipuan yang dilakukan oleh beberapa PNS yang bekerja di Wilayah kerja UPTD Pendidikan Parigi. “Saya dipanggil untuk diminta klarifikasi tentang hal itu, karena menurut Insfektur Insfektorat bahwa laporan hasil dari BAP Dinas Pendidikan ada sedikit kerancuan dan ketidakcocokan antara pengakuan IS dengan surat laporan saya,” katanya. (Syam)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!