(Tumbuh Kembangkan 4 Pilar Kebangsaan) FKPPI Gelar Napak Batas Banjar

18/03/2013 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Upaya menumbuh kembangkan 4 pilar kebangsaan serta 18 karakter bangsa bagi generasi muda khususnya, dan masyarakat pada umumnya, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Kota Banjar, menggelar kegiatan Napak Batas Banjar, Selasa (12/3).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP, M.Si., dan diikuti sebanyak 117 peserta/grup terdiri dari pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA, mahasiswa dan karang taruna. Start dan finish bertempat di halaman kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominpar) Kota Banjar.

Sebelum memasuki acara pemberangkatan seluruh peserta, terlebih dahulu dilaksanakan upacara pembukaan. Sebagai inspektur upacara, Hj. Ade dalam sambutannya mengatakan, tema yang diambil pada kegiatan Napak Batas Banjar adalah Sadasawarsa Kota Banjar Lestari Alamku, Lestari Kotaku.

Dengan kegiatan ini pula diharapkan generasi muda Kota Banjar memiliki semangat empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Generasi muda harus memiliki 18 karakter bangsa, yakni religius, jujur dalam setiap perkataan, toleransi, disiplin, tertib dan patuh pada ketentuan perundang-undangan, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab,” paparnya.

Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter bangsa Indonesia tidak berdiri sendiri, tetapi berintegrasi dengan pelajan-pelajaran yang ada dengan memasukkan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua FKPPI Kota Banjar, Drs. H. Yoyo Suharyono, mengatakan, para peserta Napak batas Banjar akan menapaki batas-batas wilayah Kecamatan Banjar dan Pataruman dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer.

“Waktu tempuhnya sekitar lima jam. Di setiap pos para peserta diberikan berbagai macam rintangan, diantaranya haling rintang, pengetahuan alam, dan pengetahuan seputar Kota Banjar,” kata Yoyo.

Kegiatan tersebut memperebutkan piala Walikota Banjar, Ketua DPRD, Kapolresta Banjar, Dandim 0613 dan Ketua FKPPI Kota Banjar. Selain trophy, panitia juga memberikan uang pembinaan dengan jumlah totalnya mencapai Rp.5 juta. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply