Walikota Banjar Raih Penghargaan IMA Awards 2012

Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., meraih penghargaan Indonesia Millennium Development Goals (MDGs) Awards (IMA) tahun 2012, di Hotel Conrad Nusa Dua Bali, Selasa, (26/3). Foto : Humas Setda Kota Banjar.

Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., meraih penghargaan Indonesia Millennium Development Goals (MDGs) Awards (IMA) tahun 2012, di Hotel Conrad Nusa Dua Bali, Selasa, (26/3). Foto : Humas Setda Kota Banjar.

News, (harapanrakyat.com),- Di penghujung masa jabatannya, Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., kembali meraih penghargaan Indonesia Millennium Development Goals (MDGs) Awards (IMA) tahun 2012.

Acara penyerahan penghargaan yang diselenggarakan Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia (KUKP RI) untuk MDGs berlangsung  hari Selasa, (26/3), bertempat di Hotel Conrad Nusa Dua Bali.

Kota Banjar terpilih menjadi salah satu dari 5 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapat penghargaan melalui program peningkatan keselamatan ibu dan anak, serta mendukung pencapaian tujuan global internasional MDGs, yaitu menurunkan angka kematian anak, serta meningkatkan kesehatan Ibu.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Banjar, H. Agus Nugraha, S.Sos, M.Si., mengatakan, program tersebut merupakan point penting yang telah dideklarasikan MDGs melalui Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 55/2 Tanggal 18 September 2000.

“Program dan kebijakan yang telah dilaksanakan Pemkota Banjar melalui instansi terkait, sebelumnya telah melewati beberapa tahap penjurian secara ketat. Kemenangan Kota Banjar pada acara Indonesia MDGs Awards tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Banjar,” kata Agus.

Melalui praktek-praktek cerdas, kepiawaian, serta komitmen yang sudah dilakukan oleh pimpinan dan seluruh elemen di lingkup Pemkot Banjar, kini mendapat apresiasi di level tertinggi yang diakui PBB untuk percepatan pencapaian MDGs di Indonesia.

IMA 2012 adalah suatu bentuk penghargaan kepada pemangku kepentingan yang telah melaksanakan program yang mendukung MDGs di akar rumput. Acara penganugrahan IMA 2012 juga merupakan kegiatan paralel resmi dari pertemuan ke-4 High Level Panel of Eminent Persons on the Post-2015, dimana Presiden RI duduk sebagi salah satu Co-Chairs bersama Perdana Menteri Inggris, serta Presiden Libia. Dan, Kota Banjar sendiri diundang untuk hadir sekaligus menerima penghargaan.

Lebih lanjut agus mengatakan, latar belakang program yang dilaksanakan Pemkot Banjar diantaranya, masih tingginya kasus kematian ibu dan bayi, serta masih adanya persalinan oleh dukun beranak.

Konsep progam yang didesain adalah kelas ibu hamil, yaitu jenis kegiatannya melibatkan ibu hamil, suami dan keluarga sebagai penentu keputusan. Target sasaran umum program adalah menurunya kasus kematian ibu dan bayi, serta terjadi peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku tentang persalinan oleh tenaga kesehatan.

Pelaksanaaan program melibatkan seluruh elemen terkait sebagai bagian proses komitmen peningkatan kesejahteraan masyarakat. antara lain program kelas ibu disusun melalui program kepala dinas, kepala bidang, kepala sub, dan seksi kesehatan keluarga. Pelaksanaan teknis lapangan didukung oleh APBD Kota Banjar.

Sedangkan, pengelolaan program secara intensif serta berkelanjutan melibatkan Dinas Kesehatan sebagai fasilitator, PKM sebagai fasilitator dan penggerak sasaran, kecamatan dan desa sebagai penggerak sasaran, PKK pemberdayaan masyarakat, tokoh agama, masyarakat sebagai penggerak sasaran, serta perguruan tinggi membentuk kelas ibu.

Program yang telah berjalan selama 3 tahun ini memperoleh hasil signifikan, diantaranya meningkatnya kunjungan ibu hamil ke tenaga medis, meningkatnya persalinan oleh tenaga kesehatan.

Kemudian, terjadinya kenaikan angka persalinan yang menggunakan fasilitas kesehatan, serta menurunnya kasus kematian ibu, bayi dan balita. Secara keseluruhan, program yang telah dilaksanakan bidang kesehatan ibu dan anak telah terjadi perubahan yang sangat cepat.

Sementara itu, Menkes RI, Dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH., dalam sambutannya mengatakan, IMA 2012 adalah suatu bentuk penghargaan yang diberikan kepadaa putra-putri bangsa yang telah berjasa dalam pembangunan, serta mendukung program MDGs. IMA merupakan ajang kompetisi positif dalam menghasilkan karya pembangunan sepanjang tahun 2012.

Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono, dalam sambutannya mengajak kepada semua pihak untuk membulatkan tekad mencapai MDGs. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan daerah yang telah memberikan contoh baik dalam mengemban misi besar MDGs bagi pimpinan daerah lainnya. (Advetorial)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply