Warga Minta Puskemas Rajadesa Berstatus DTP

07/03/2013 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Status Puskesmas Poned Kecamatan Rajadesa disoal warga. Pasalnya Puskesmas Rajadesa yang mempunyai beban pelayanan 50 ribu orang, masih belum menyediakan fasilitas rawat inap dan Unit Gawat Darurat (UGD).

Menurut warga, dengan jumlah penduduk Kecamatan Rajadesa yang mencapai 50 ribuan lebih jiwa, Puskesmas Rajadesa seharusnya tidak hanya melayani fasilitas rawat jalan semata.

“Warga meminta status Puskemas Poned dinaikkan menjadi Puskemas DTP (Dengan Tempat Perawatan). Karena Puskesmas DTP bisa melayani rawat inap dan jalan,” ungkap Tata, warga Desa Rajadesa, kepada HR, pekan lalu.

Tata menyebutkan, usulan atau keinginan menaikkan status Puskesmas menjadi DTP berangkat dari keluhan warga, terkait dengan kebutuhan pelayanan kesehatan yang tinggi di wilayah Kec Rajadesa.

“Makanya tidak heran, banyak pasien yang sedang menjalani rawat jalan di Puskesmas Rajadesa kemudian lebih memilih keluar dan dipindahkan ke tempat lain,” katanya.

Senada dengan itu, Dadang, Tokoh masyarakat Desa Tanjung Jaya Rajadesa, melalui telepon selulernya, Selasa (5/3), berharap Pemkab Ciamis segera menaikan status Puskemas tersebut.

Dadang menuturkan, pelayanan kesehatan yang memadai sangat dibutuhkan oleh warga Rajadesa. “Status dan fasilitas Puskesmas Rajadesa harus dinaikan. Apalagi rasio/ jumlah penduduknya cukup tinggi. Pasti membutuhkan layanan kesehatan Puskemas yang sigap,” ujarnya.

Kepala Bidang Yankes, Dinas Kesehatan Kab. Ciamis, dr. Rizali, Selasa (5/3), melalui telepon selulernya, mengatakan, pihaknya akan mengkaji usulan masyarakat tersebut. Menurutnya, kenaikan status puskesmas harus dikaji secara komprehensif di bagian perencanaan.

“Pembangunan Poned di kecamatan tersebut beberapa waktu lalu merupakan usulan yang difasilitasi Pemprov Jabar, karena Pemkab Ciamis memiliki keterbatasan anggaran. Soal kenaikan status, sebaiknya warga mengusulkannya melaluiu Musrenbang,” ungkapnya.

Rizali menambahkan, kenaikan status Puskesmas sangat berhubungan dengan analisa anggaran dan analisa pegawai, yang harus dikaji secara menyeluruh. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!