(DPD KNPI Kab. Ciamis) Berdayakan Pemuda Lewat Pelatihan Bela Negara

11/04/2013 0 Comments

Parigi, (harapanrakyat.com),- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kab. Ciamis terus mengajak pemuda dan pemudi di seluruh pelosok Kab. Ciamis untuk berperan aktif dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Ketua DPD KNPI Kab. Ciamis, Budi Kurnia S.Ag., M.Si, Minggu (7/4), saat Pelatihan Bela Negara, di gedung HPK Kec. Parigi,  mengatakan, pemuda perlu memahami tentang ketatanageraan dan azas nasional, untuk menjunjung tinggi peran aktif mereka sebagai agen perubahan.

Menurut Budi, acara yang diselenggarakannya merupakan agenda rutin tahunan, dalam rangka pemberdayaan pemuda. Upaya itu juga, untuk menyamakan persepsi menyikapi persoalan kekinian.

Budi menuturkan, “Pemuda saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan. Dan hal itu harus dijawab dengan aksi yang positif. Pemuda juga kerap dihadapkan pada beberapa kepentingan kelompok dan dihadapkan pada krisis kepercayaan. Maka bila pemuda tidak mempunyai rasa tanggung jawab untuk turun tangan, kita khawatir republik ini bubar,” serunya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, upaya yang dilakukan DPD KNPI adalah sumbangsih nyata, berbuat sesuatu untuk bangsa. Kongkritnya, pemuda harus menjadi pelaku utama di berbagai sektoral.

“Kalau pemuda itu mempunyai keahlian di bidang politik, maka turun di bidang politik. Kalau pemuda itu peduli terhadap sektor ekonomi, jadilah pelaku ekonomi,“ imbuhnya.

Senada dengan itu, Sekretaris DPD KNPI, Nurmuttaqien, mengatakan, pemuda merupakan basis eksitensi dan esensi kekuatan ketahanan daerah. Untuk itu, perlu diadakan pembinaan yang optimal dalam rangka pengembangan potensi para pemuda.

“Potensi yang harus digali bukan hanya keahlian saja, tetapi juga mental,” pungkasnya.

Sementara itu, Dede Suwarno, Panitia acara pelatihan pemuda, di Desa Kertamukti Kec. Pamarican, Sabtu (6/4), mengatakan, acar tersebut sengaja digelar, selain sebagai pembinaan dan pemberdayaan, juga sebagai bentuk penguatan tali silaturahim antar pemuda.

Menurut Dede, pelatihan itu diikuti pemuda dari Kec. Pamarican, Lakbok, Banjarsari, dan Purwadadi. Dia juga menghimbau, agar pemuda berperan aktif dalam kehidupan bermasyarkat dengan kegiatan yang positif.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPD KNPI, Asep Nurwanda, mengaku sangat mengapresiasi acara yang diselenggarkan dalam rangka pemberdayaan pemuda tersebut. Dia juga menuturkan, peran pemuda untuk menjawab persoalan bangsa sangat ditunggu.

Ketika dimintai tanggapan soal pencalonan Ketua DPD KNPI Kab. Ciamis menjadi Bupati, Dede dan Asep mengaku bangga. Alasannya, karena ada seorang pemuda yang siap untuk tampil dengan berani di kancah politik Ciamis.

“Soal kalah menang, itu nanti. Yang penting siap tampil, itu sudah jadi kebanggan bagi kaum muda,” pungkas keduanya. (syam/ andri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!