(Kasatlantas Polres Ciamis) Rubah Spesifikasi Bentuk Motor akan Ditindak!

25/04/2013 0 Comments
Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Andriyanto, berhasil menahan sejumlah kendaraan sepeda motor jenis vespa yang sudah tak sesuai bentuk aslinya. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Andriyanto, berhasil menahan sejumlah kendaraan sepeda motor jenis vespa yang sudah tak sesuai bentuk aslinya. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis merajia sejumlah kendaraan merek vespa yang sudah dimodifikasi. Hal itu dilakukan dalam rangka menciptakan kenyamanan, keamanan, dan ketertiban lalu lintas bagi pengendara.

Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana S.Ik., melalui Kasatlantas, AKP Andriyanto, Senin (22/4), membenarkan upaya penertiban kendaraan yang sudah tak jelas bentuknya itu.

Menurut Andriyanto, merubah bentuk asli kendaraan, kemudian memodifikasinya hingga berbadan besar (sespan) dan beroda tiga, bisa mengganggu pengendara lain di jalanan. Apalagi jika motor modifikasi tersebut tidak dilengkapi lampu.

“Kami tidak akan segan-segan menindaknya,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga akan menindak tegas kendaraan roda dua yang memakai knalpot bissing, tidak memakai kaca spion dan pengendara tidak memakai pelindung kepala helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Andriyanto menyebutkan, sepanjang Januari hingga April, sedikitnya 48 kendaraan sepeda motor diamankan di Mapolres, lantaran tidak sesuai dengan spesifikasi yang dikeluarkan pabriknya.

Meski begitu, sepeda motor tersebut masih bisa diambil oleh pemiliknya, dengan syarat menunjukkan bukti kepemilikan, STNK dan SIM. “Jika sudah lengkap, motor itu akan diserahkan, tapi mesin dan kerangkanya saja, sedangkan bodi motor yang tidak sesuai akan ditahan untuk dimusnahkan,” katanya.

Para pelanggar jalanan tersebut dikenakan pasal 279 tentang lalu lintas. Sebab mengendarai kendaraan yang dirubah bentuk atau tidak sesuai dengan spesifikasi sebuah kendaraan, dengan denda Rp 500 ribu dan kurungan dua bulan. (dsw)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!