Wagub Buka STQ Tingkat Jabar

11/04/2013 0 Comments
Wagub Jabar Dede Yusuf menabuh bedug, tanda peresmian STQ XIII Tahun 2013, di halaman Gedung Pusdai Bandung, Minggu (7/4). Foto : Humas Pemprov Jabar

Wagub Jabar Dede Yusuf menabuh bedug, tanda peresmian STQ XIII Tahun 2013, di halaman Gedung Pusdai Bandung, Minggu (7/4). Foto : Humas Pemprov Jabar

Wagub Jabar Dede Yusuf, Minggu (7/4) membuka secara resmi Seleksi Tilawatul Qur’an Tingkat Provinsi Jawa Barat bertempat di Pelataran Pusdai, Jl. Dipenogoro Bandung. Pembukaan dimulainya STQ tersebut, ditandai dengan memukul bedug oleh Wagub Jabar disaksikan oleh Kakanwil Depag Prov. Jabar, Saeroji dan Ketua Panitia STQ XIII, Asep Saeful Muhtadi.

Wagub Jabar Dede Yusuf dalam sambutannya berharap agar STQ Ke XIII ini berjalan dengan baik, dalam arti bahwa setia peserta menunjukan komitmen untuk keberhasilan Jawa Barat, dan untuk itu pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan penghargaan yang memadai.

Wagub Dede menyampaikan apresiasi positif atas kehadiran para kafilah STQ se-Jawa Barat dan berharap bisa menikmati suasana Kota Bandung. Sebab menurutnya, penyelenggaraan semacam STQ ini seyogianya selain untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan memahami al qur’an, tapi juga sebagai arena ajang promosi produk dan pariwisata.

STQ yang digelar di Gedung Pusdai ini, akan berlangsung mulai 7 sd 12 April 2013 dengan memperlombakan tiga bidang, yaitu, Tilawah Al qur’an, Hafiz Al qur’an dan  Tafsir Al qur’an.

Menurut Ketua Panitia STQ XIII, Asep Saeful Muhtadi, selain lomba tiga bidang tersebut, juga diselenggarakan pameran beberapa produk kreatif Kota Bandung seperti; busana muslim, pameran al qur’an mushaf Sundawi. Ia berharap, ajang STQ ini bisa dikunjungi oleh masyarakat Kota Bandung.

Sementara itu, sebanyak 386 peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XIII tingkat Provinsi Jawa Barat 2013 memasuki tahap penyisihan. Para peserta dari berbagai golongan mengikuti sejumlah cabang yang dilombakan untuk menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut.

“Seleksi dilakukan dari Senin (8/4) hingga Jumat (12/4). Semua peserta mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam MTQ anak-anak, MHQ atau hafalan 1 Juz dan tilawah, MHQ 10 Jus, tafsir bahasa Arab, MHQ 5 Juz, dan tilawah, MHQ 20, 30 serta MTQ dewasa,”kata Deni Rusmadia selaku sekretariat Panitia STQ saat ditemui Di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Senin (8/4).

Dia menambahkan, untuk tafsir Bahasa Arab para peserta juga disodori pertanyaan-pertanyaan terkait penguasaan tafsir oleh dewan hakim.

“Jadi tak hanya mampu menghafal Al Qur’an dan terjemahan saja,”ucapnya. Dia menuturkan, pada hari terakhir seleksi baru diumumkan siapa dari ratusan peserta tersebut yang dianggap terbaik dalam STQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

Deni menuturkan tak ada kendala berarti dalam pelaksanaan STQ itu. “Acara dimulai pukul 08.00 WIB pagi dengan beberapa kali istirahat. Setiap peserta dengan nomor urut yang sudah ditentukan tinggal di empat majelis yang tersedia,”ujarnya.

Dikatakan Deni, setiap jeda istirahat ada pergantian cabang baru sampai berakhir pada pukul 23.00 WIB. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!