(90% PSK Pangandaran Positif IMS) Posko HIV/AIDS Buka 24 Jam

29/05/2013 0 Comments
(90% PSK Pangandaran Positif IMS) Posko HIV/AIDS Buka 24 Jam

Pangandaran,(harapanrakyat.com),-

Wakil Ketua KPAD Kabupaten Ciamis, Muhammad Pendi Saputra, S.KM, mengatakan, pelayanan kesehatan di Posko Penanggulangan HIV/AIDS di Pangandaran melayani masyarakat selama 24 jam. Pendirian posko tersebut merupakan solusi terhadap realitas yang terjadi terkait semakin meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis, khususnya di Kabupaten Pangandaran.

“Pendirian posko ini berangkat dari rasa prihatin kami terhadap penyebaran penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran yang begitu memprihatinkan. Makanya siapapun yang mau diperiksa kesehatannya, silahkan datang ke posko. Kami melayani pemeriksaan selama 24 jam,” katanya, kepada HR Online, saat acara peresmian Posko Penanggulangan HIV/AIDS, di Pangandaran, Minggu (19/5).

Selama tahun 2012, menurut Pendi, tercatat kasus HIV di Kabupaten Ciamis sekitar 36 orang dan positif AIDS sebanyak 29 orang. Jumlah itu termasuk temuan penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pangandaran.

“ Bahkan, pada bulan April 2013 sudah ada penambahan 4 orang yang positif HIV. Sebelumnya pada bulan Maret pun ditemukan 3 penderita HIV, salah satunya seorang mahasiswa di Ciamis, “ungkapnya.

Sementara itu, pada saat pembukaan Posko Penanggulangan HIV/AIDS di Pangandaran, beberapa waktu lalu, digelar acara kampanye kondom dan pemeriksaan kesehatan untuk PSK (Pekerja Seks Komersil) di Pangandaran. Seluruh PSK yang hadir diambil sampel darah VCT (Voltery Consulting Testing).

Menurut sumber HR, hasill pemeriksan darah tersebut diketahui bahwa 90% PSK di Pangandaran positif penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual). Sementara hasil pemeriksaan darah untuk penyakit HIV/AIDS, belum diketahui karena harus dicek lebih lanjut di laboratorium khusus. (Syam/R2)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!