(Balon Bupati Ciamis, Ir. H. Endang Supardi, MP) Sejahterakan Masyarakat dari Sektor Pertanian

23/05/2013 0 Comments
(Balon Bupati Ciamis, Ir. H. Endang Supardi, MP) Sejahterakan Masyarakat dari Sektor Pertanian

Pada edisi minggu ini, HR (Deni & Diki) berhasil melakukan wawancara dengan Bakal Calon Bupati/Wabup Ciamis, Ir. H. Endang Supardi, MP. Dalam kesempatan itu, Endang mengutarakan soal pencalonannya dan konsep pembangunan Kab. Ciamis di masa yang akan datang. Berikut petikan wawancara dengannya.

HR  ; Niat anda Nyalon?

Endang ; Pertama, ingin ada perubahan, khususnya di bidang pertanian. Kedua, banyak potensi di Ciamis yang bisa diangkat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

HR ; Apa yang dipersiapkan?

Endang ; Saya coba melakukan sosialisasi tentang niat dan keinginan, terkait Pilkada mendatang, kepada para petani yang ada di setiap pelosok. Karena basik dasar, puluhan tahun saya bergerak di bidang pertanian. Dari sana juga, saya sudah memiliki banyak jaringan.

HR  ; Strategi peroleh dukungan?

Endang ; Untuk soal itu, berbekal basik saya di bidang pertanian selama bertahun-tahun, saya sudah mencoba menjalin komunikasi dengan petani se Kab. Ciamis. Diantaranya dengan melalui organisasi dan lembaga di tingkat masyarakat yang bergerak di bidang pertanian.

HR ; Soal paket pasangan (koalisi)?

Endang ; Saya sudah daftar di Golkar. Untuk pasangan, saya akan menunggu keputusan dari partai. Tentunya, untuk sampai kepada hal itu, partai akan melakukan survey atau analisa, untuk menentukan siapa yang memiliki nilai jual dan pantas untuk dipasangkan. Lebih jauh lagi target besarnya adalah bagaimana langkah pemenangan calon yang terpilih.

HR ; Konsep membangun Ciamis?

Endang ; Konsep pembangunan kedepan harus ditikberatkan di sektor pertanian. Karena selama ini, peran pertanian kurang mendapat porsi perhatian yang maksimal. Akibatnya, pertanian belum begitu dianggap memberikan banyak nilai. Padahal, jika kita tahu dan sadar, pertanian justru bisa meningkatkan kesejahteraan. Banyak peluang yang bisa kita gali dari sektor ini.

HR ; Potensi PAD?

Endang ; Banyak. Diantaranya pengembangan kawasan agropolitan dan agrowisata. Titik-titik pengembangan itu berada di wilayah Ciamis utara. Disana, kita akan agendakan untuk mengembangkan wisata adventur (petualangan), off road, trail, dan lain sebagainya. Tentunya, pengembangannya berhubungan dengan alam. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!