Pasang Iklan

(Calon Bupati Ciamis, Didi Sukardi, SE) Agendakan Bangun Ciamis dari Tingkat Desa

Didi Sukardi, SE
Didi Sukardi, SE

Didi Sukardi, SE

Pada edisi minggu ini, HR (Deni & Eli Suherli) berhasil melakukan wawancara dengan Bakal Calon Bupati Ciamis, Didi Sukardi SE. Dalam kesempatan itu, Didi mengutarakan soal pencalonannya dan konsep pembangunan Kab. Ciamis di masa yang akan datang. Berikut petikan wawancara dengan Didi Sukardi, SE ;

HR : Dasar Anda mencalonkan Bupati?

Didi : Bismillahirrahmanirrahim. Jadi, niat dasar saya untuk maju kepada pencalonan Bupati Ciamis, itu tiada lain adalah sebagai sebuah bentuk rasa tanggungjawab, ingin memberikan kontribusi dan kiprahnya bagi masyarakat Ciamis, dalam menata dan membangun Kab. Ciamis yang jauh lebih baik.

Kenapa, karena sampai dengan hari ini, tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan, infrastruktur dan sebagainya, itu belum menunjukkan perbaikan yang signifikan, sehingga atas dasar itu, saya punya cita-cita, punya keinginan, untuk mengabdikan diri saya, untuk membangun Kab. Ciamis.

HR : Persiapannya?

Didi : Terkait hal itu, apa yang sudah saya persiapkan, tentunya, langkah pertama adalah secara moral agama, saya memohon petunjuk kepada Alloh SWT, dalam bentuk shalat istikhoroh, yang kedua, juga memohon doa restu kepada keluarga, terutama Ibu dan Istri. Dan alhamdulillah, semuanya sudah merestui.

Dan langkah-langkah yang sudah dipersiapkan lainnya adalah, kiprah saya selama dua periode ini menjadi anggota DPRD Kab. Ciamis. Dengan posisi saya sebagai anggota dewan selama dua periode, saya kira itu bagian daripada hal-hal yang saya persiapkan.

Karena dari pengalaman itu, saya melatih bagaimana saya berinteraksi dengan seluruh warga masyarakat Ciamis, saya berinteraksi dengan birokrasi, saya memahami APBD Ciamis, saya mempelajari dan memahami seluk-beluk Kab. Ciamis, karakter masyarakat dan berbagai permasalahan dan persoalan yang ada di Ciamis.

HR :  Strategi peroleh dukungan?

Didi : Alhamdulillah, terkait kiprah saya selama di DPRD, berimplikasi kepada respon positif dukungan masyarakat. Jadi, kalau saya ditanya tentang strategi untuk memperoleh dukungan masyarakat, strategi saya sederhana, saya tidak pernah hadir di masyakarat lima tahunan, saya selalu hadir untuk memenuhi setiap undangan masyarakat.

Saya selalu mendengar apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Terlepas daripada saya bisa atau tidak bisa menyelesaikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, tapi minimal saya sudah mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakat.

Hp saya, nomor kontak saya, selalu saya sosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka mudah untuk menghubungi saya. Jadi starteginya sederhana, yaitu dekat dengan masyarakat, komunikasi dengan masyarakat dan melayani masyarakat.

HR : Terkait Paket Pasangan atau Koalisi?

Didi : Saya siap dipasangkan dengan pasangan dari partai manapun. Apakah itu Golkar, PDIP, PKB, PPP atau yang lainnya. Tapi tentunya, minimal kita punya visi dan misi yang sama, punya cita-cita yang sama, dan punya niat baik yang sama.

Di luar itu semua, yang menjadi pertimbangan kita juga soal pemenangan. Jadi, kita berkoalisi dengan partai yang mendapat dan memiliki dukungan besar dari masyarakat Ciamis.

HR : Target calon pasangan?

Didi : Dari nama-nama yang muncul itu sudah ada analisanya. Kita punya analisa masing-masing nama ketika dipasangkan dengan calon yang diusung PKS (Saya). Dan itu semua kita sudah punya target, tapi itu belum bisa kita ungkap, karena perkembangan politik bisa berubah setiap saat.

HR : Konsep Pembangunan Kab. Ciamis?

Didi : Saya kira kita semua ingin membangun Kab. Ciamis ke arah yang lebih baik. Sederhana, hampir di semua kab/ kota, konsep pembangunan itu bertitik tolak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Disana berbicara tentang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Nah tiga nilai inilah inti dari kesejahteraan.

Dengan itu, kita harus meningkatkan pelayanan dari bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Kaitannya, kita harus membangun infrastruktur pendidikan, infrastruktur kesehatan dan infrastruktur perekonomian.

Jadi, sederhana jika kita ingin membangun Kab. Ciamis. Kita bisa memulainya dari pembangunan di tingkat desa. Semua sektor yang ada di desa, yang kaitannya dengan pendidikan, kesehatan dan ekonomi harus dibangun dan diberi perhatian secara serius.

HR : Potensi PAD?

Didi : Berbicara soal potensi, saya kira diantaranya potensi pajak hotel dan restauran di Kab. Ciamis masih bisa kita gali dengan maksimal. Salah satunya dengan meningkatkan efektifitas penagihan. Kalau soal ekspansi, juga masih banyak yang bisa kita kembangkan, diantaranya membuka rumah makan di kawasan-kawasan wisata yang ada saat ini.

Kemudian, pengembangan kawasan agropolitan di Sukamantri, dan pengembangan wisata Situ Panjalu, dan beberapa titik wisata lainnya.

HR : Persoalan krusial yang perlu diberi perhatian?

Didi : Yang pertama adalah terkait pelayanan publik. Misalnya, layanan rumah sakit, perijinan, penataan birokrasi. Kedua, yang juga krusial adalah perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Kab. Ciamis. Misalnya jalan, dan irigasi, untuk memperlancar aktifitas masyarakat Ciamis yang mayoritas petani. Karena hal itu bisa membantu meningkatkan kesejahteraan di tingkat masyarakat.   ***

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below