Engkon Apresiasi Banyak Birokrat Maju di Pilkada Ciamis

16/05/2013 0 Comments
Engkon Apresiasi Banyak Birokrat Maju di Pilkada Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-Bupati Ciamis, H. Engkon Komara mengapresiasi banyaknya birokrat yang masih menduduki jabatan birokrasi di Ciamis maju dalam perhelatan Pilkada Kabupaten Ciamis September  2013 mendatang.  Dia juga mengatakan bahwa fenomena banyaknya birokrat Ciamis yang berniat  maju dalam Pilkda Ciamis menadakan adanya dinamisasi perpolitikan di Kabupaten Ciamis.

Sebut saja, Budi Kurnia, yang tercatat sebagai Kasubag Agama Bagian Kesra Setda Kabupaten Ciamis sudah trengginas  jauh-jauh hari dengan Jargon “ Saatnya Pemuda Tampil terdepan.”   mengambil Formulir pendaftaran Cabup /Cawabup ke markas PDI-P pada tanggal 14 Maret 2013 silam. Bahkan, dia pada hari Selasa ( 14/05) siang, melakukan hal yang sama ke markas Partai beringin. Tengok juga Ir. Endang Supardi yang menjabat Kepala BP4K Ciamis, pekan lalu mengambil formulir pendaftaran Cabup dan Cawabup pula Ke Partai Beringin.

Sinyalemen munculnya figur birokrat yang ingin maju dalam pencalonan Pilkada Ciamis ini tertuju pula pada sosok Sekda Ciamis, Herdiat yang sudah memasang Baliho di berbagai wilayah Ciamis. Disinyalir tak luput pula akan melibatkan diri pada perhelatan politik  tersebut. Malah ujar pihak yang enggan dikorankan, Herdiat sudah memiliki tambatan perahu politik yang siap memuluskan langkahnya menuju C1.

Meski sampai berita ini ditulis, belum terlihat tanda-tanda Herdiat untuk untuk mendaftarkan diri ke salah satu parpol  di Kabupaten Ciamis.“ Harus diapresiasi juga, itukan bagian dari hak warga negara. Artinya ada dinamika di tubuh birokrasi Ciamis, dan saya sebagai Bupati tak akan menghalangi siapaun untuk maju, termasuk para birokrat di Pemda Ciamis,” kata Engkon.

Engkon juga mengatakan bahwa fenomena munculnya birokrat untuk bersaing memperebutkan kursi C1 dan C2 , semata harus dfidorong untuk memajukan Kabupaten Ciamis. “ Siapapun yang akan memnggantikan saya nanti, semoga bisa membawa Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik,” imbuhnya.

Munculnya birokrat yang akan melaju ke perhelatan poltik Pilkada Ciamis 2013 ini, seolah gayung bersambung dengan hadirnya koalisi 234, yang sudah menyatakan sikap untuk melibatkan unsur birokrasi dalam pengusungan calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati Ciamis mendatang.

“ Belum ada arahan figure, baru bicara kriteria, yakni pertama unsur birokrasi dan kedua unsur tokoh agama. Dua kriteria ini kami nilai bisa memuluskan pembangunan di Kabupaten Ciamis,” papar salah satu Deklarator Koalisi 234 yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Ciamis, Asep Irfan Alawi, Kepada HR, Selasa ( 14/05).

Ditemui terpisah, pengamat Politik dari FISIP Unigal, Drs. Agus Dedi, M.Si, kepada HR, di Kampus Unigal,  Sabtu (11/05), mengatakan, maraknya birokrat yang berlomba untuk maju pada perhelatan Pilkada Ciamis 2013 ini dinilai sebagai dinamika politik birokrasi di Kabupaten Ciamis.

“ Kalau Pilkada 2008 lalu, kan calon patahana ( Engkon Komara) akan melaju lagi, otomatis birokrat enggan  atau euwuh pakewuh atau bahkan takut kalau untuk mencalonkan diri. Apalagi diusung oleh parpol yang bersebrangan dengan penguasa atau Bupati, pasti mereka takut akan konsekwensi jabatan nantinya pasca Pilkada,” ujarnya.

Agus menandaskan bahwa format birokrasi yang dibangun pada saat 2008 lalu masih berlandaskan Patron-Client, atau ada rasa senior tidak boleh dilewat. Tapi sekarang hal tersebut tidak terjadi lagi.

“ Kalau Pak Iing lebih masuk kepada kategori non birokrat, sebagai Wabup. Artinya sebagai pejabat politik yang ada di Birokrasi, bukan birokrat, hanya mantan birokrat,” katanya.

Dalam pantauan HR, selain unsur birokrasi, ada pula unsure pejabat publik, seperti H. Iing Syam Arifien, yang kini sebagai Wakil Bupati yang sudah mengambil formulir pencalonan di Golkar. pekan lalu.

Ada pula mantan birokrat seperti H. Tahyadi Satibie mantan Sekda Ciamis, dan juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. H. Akasah, termasuk pensiunan PNS dari Cirebon , Aan Setiawan, S.IP. (DK)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!