KONI Banjar Diminta Benahi SDM

27/05/2013 0 Comments
KONI Banjar Diminta Benahi SDM

Tommy Parsep

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Banjar diminta melakukan inventarisasi kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus, atlet, wasit dan pelatih di semua Cabang Olahraga (Cabor) yang saat ini tersedia.

Permintaan tersebut tidak lain sebagai salah satu isyarat jika olahraga di Kota Banjar ingin lebih baik dan maju. Selain itu, KONI juga perlu melakukan pembenahan manajemen semua kepengurusan Cabor.

“Sudah hampir beberapa tahun ini, saya mencermati pengelolaan olahraga di Kota Banjar. Memang, soal SDM dan manajemen seringkali menjadi kendala di beberapa daerah, termasuk di sini,” ungkap Tommy Parsep, Pemerhati Dunia Olahraga yang juga Pembina Sekolah Sepak Bola (SSB) Sanggah Buana di Kec. Langensari, Senin (20/5).

Pelatih Sepakbola dengan Lisensi A ini menuturkan, sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Banjar, karena berupaya mewujudkan sebuah sarana olahraga (Sport Center) dengan taraf nasional, di wilayah Bojongkoncod, Kec. Langensari.

Menurut Tommy, keberadaan sarana pusat olahraga tersebut juga harus dibarengi dengan kualitas dan kuantitas SDM altet, wasit, pelatih yang akan memanfaatkannya. Tidak kalah penting lagi, kata dia, yaitu soal manajemen pengelolaan dari olahraga dan sarana tersebut.

Lebih lanjut, Tommy mengungkapkan, potensi pengembangan olahraga di Kota Banjar sangatlah besar, termasuk potensi di persepakbolaan. Namun sayangnya, lagi-lagi soal manajemen di tingkat Pengcab menjadi permasalahannya.

“Okelah sarana yang kita miliki bagus, tapi kalau SDM dan manajemennya tidak berkualitas, bagaimana,” tandas Instruktur Divisi 1 Magelang ini.

Tommy mengaku khawatir, jika kondisi tersebut tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan, keberadaan sarana pusat olahraga itu justru tidak akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan olahraga di Kota Banjar.

Saat ditanya soal motivasi, Tommy menambahkan, sebagai warga baru (hampir dua tahun) di Kota Banjar, dirinya ingin sekedar memberi dan berbagi pengalaman bagi kemajuan olahraga di Kota Banjar.

Di tempat terpisah, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kota Banjar, Iwan Syarifudin, Senin (20/5), mengatakan, pihaknya sudah mengagendakan program koordinasi dan konsolidasi bagi pengurus semua Cabor.

Namun begitu, Iwan mengakui, selama ini, KONI masih terus menunggu ajuan dan usulan program-program kegiatan dari masing-masing Cabor. Jika sudah ada, KONI akan mengarahkan program yang diusulkan Cabor tersebut sesuai dengan kekuatan dana yang tersedia.

“Itu tadi, kita perlu menjalin kordinasi terlebih dahulu, agar KONI bisa melakukan verifikasi dari usulan program tersebut,” pungkasnya. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply