Lomba Pantomim Sedot Perhatian Sekolah

14/05/2013 0 Comments
Lomba Pantomim Sedot Perhatian Sekolah

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2013, untuk pertama kalinya memperlombakan Pantomim. Pada kesempatan kali ini, mata lomba pantomim berhasil diikuti peserta dari 20 sekolah. Sementara 21 sekolah lainnya tidak.

Ketua Penyelenggara, Udiman S.Pd.,M.Pd, Sabtu (11/5), mengatakan, mata lomba yang dipertandingkan pada FLS2N tahun ini meliputi cerita bergambar, pidato, solo, pantomim, tari daerah dan anyaman.

“Untuk pantomim, baru bisa diikuti oleh separuh jumlah (peserta) sekolah yang bada di Cipaku, atau lima puluh persennya, ” ungkapnya.

Minimnya jumlah peserta ada lomba pantomim, kata Udiman, disinyalir karena lomba tersebut baru digelar untuk pertamam kali, sehingga banyak calon peserta dari sekolah belum menguasai mata lomba tersebut.

“Terlebih di tidak semua sekolah memiliki guru yang khusus di bidang kesenian atau drama,” katanya.

Iyus Rusmana Sudia, S.Pd. Guru  SDN 1 Cipaku, mengatakan, untuk melatih pantomim sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya saja, untuk menciptakan musik yang akan dijadikan pengiring dalam pantomim itu baru sulit.

“Sebab semua itu harus sesuai dengan gerak maupun cara berekpresi,” katanya.

Kepala SDN 4 Buniseuri, Dudung Spd, mengatakan, agar dapat mengirim peserta Pantomim, sekolah terpaksa mengundang orang yang ahli. Meski dilatih oleh ahlinya, dia tidak optimis, karena latihan itu dilaksanakan ketika mau perlombaan saja.

“Terlebih lomba pantomim baru kali ini, sehingga latihan pun sipatnya mendadak,” ujarnya.

Kepala UPTD Pendidikan Kec. Cipaku, Dadang Sutarlan. SPd, mengatakan, siswa-siswi yang meraih Prestasi di ajang FLS2N tingkat kecamatan diharapkan agar lebih giat berlatih untuk mempersiapkan FLS2N tingkat kabupaten. (dji)

 

Editor : Deni Supendi

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!