Mantap…! Kelulusan UN SMA/SMK di Ciamis 100%

25/05/2013 0 Comments
Mantap…! Kelulusan UN SMA/SMK di Ciamis 100%

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Hasil kelulusan UN (Ujian Nasional) tingkat SMA/SMK/MA tahun 2013 di Kabupaten Ciamis sangat menggembirakan. Tahun ini kelulusan UN di Ciamis  mencapai 100%. Tentunya hasil tersebut lebih baik dari tahun sebelumnya, yang dimana tahun sebelumnya dengan persentase kelulusan sekitar 99,8%.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. Adang Sudrajat, didampingi Kasi Kurikulum Dikmen Dinas Pendidikan Ciamis, Dra. Laela Maya Nurhayati, M.Sc, mengatakan, jumlah peserta UN tingkat pendidikan menengah di Kabupaten Ciamis sebanyak 12,317 peserta yang terdiri dari 5324 siswa SMK, 4624 siswa SMA dan 2369 siswa MA.

“ Dinyatakan lulus 100 % berdasarkan hasil rapat di Dinas Pendidikan Provinsi, bahwa hasil UN tingkat SMA, SMK dan MA di Kabupaten Ciamis ketidaklulusannya 0 %,” katanya, kepada HR Online, di Ciamis, Jum’at (24/5).

Menurut Laela, pada UN tahun ini ada 3 orang siswa yang tidak mengikuti UN, yakni 1 orang siswa dari SMA Sindangkasih karena meninggal,  1 orang dari SMK Bakti Kencana karena mengundurkan diri, dan 1 orang lagi siswa MA karena sakit. “ Jadi, persentasi 100% itu dihitung dari jumlah peserta yang mengikuti pelaksanaan UN, “ imbuhnya.

Lela juga menjelaskan, perhitungan nilai kelulusan siswa tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana nilai kelulusan siswa ditentukan dari nilai kumulatif antara nilai hasil UN dengan Nilai Sekolah (NS). “ Persentasinya 60%  dari nilai UN dan 40% nilai sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, penyerahan hasil kelulusan UN tingkat pendidikan menengah di Ciamis, diumumkan pada Jum’at (24/5), di masing-masing sekolah. Namun, berbeda dari tahun sebelumnya, penyerahan hasil UN tahun ini, di seluruh sekolah, diambil oleh orang tua siswa. Hal itu dilakukan untuk menghindari aksi corat-coret yang dilakukan oleh siswa yang lulus UN.

Namun demikian, masih saja ditemukan siswa SMA/SMK di Kabupaten Ciamis yang melakukan konvoi dan aksi corat-coret. Hal itu terlihat di daerah Baregbeg, Banjarsari dan Padaherang. (Bgj/R2)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!