(Pembangunan Gelora Bojong Koncod) Dari Mimpi Jadi Kenyataan

18/05/2013 0 Comments
(Pembangunan Gelora Bojong Koncod) Dari Mimpi Jadi Kenyataan

Langensari, (harapanrakyat.com),-

Kota Banjar meraih berbagai prestasi dalam membangun kotanya, namun keberhasilan pembangunan dan pengelolaan pemerintahan tidak dibarengi dengan prestasi olahraga. Predikat bayang-bayang juru kunci selalu melekat di event olahraga tingkat provinsi. Meski demikian, masyarakat Kota Banjar terus berpacu meraih mimpi mencapai kesuksesan ingin memiliki berbagai prestasi di berbagai kancah olahraga.

Sejalan dengan mimpi tersebut, dimulai pada tahun 2012 lalu, dalam rangka mendukung dan mengakomodir cabang olahraga yang biasa dipertandingkan selama ini, pemerintah telah melalukan persiapan dan perencanaan pembangunan sport center di atas lahan 14 hektar yang berlokasi di Blok Bojong Koncod, Desa/Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Dari mulai proses pembebasan lahan, tahap Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) dan proses konstruksi hingga proses lelang pengerjaan proyek, akhirnya tahun 2013 proses pembangunan sarana olah raga multifungsi itu segera dilaksanakan. Dan diharapkan kedepan bisa menjadi alternatif sebagai tempat untuk menggelar event olahraga di Jawa Barat.

Camat Langensari, Wawan Gunawan, SP, M.Si., mengatakan, masyarakat Kecamatan Langensari harus mendukung program pembangunan sarana tersebut. “Menghimbau agar kita semua optimis dan menjaga kondusifitas untuk kelancaran pembangunan, sehingga selesai tepat waktu,” harapnya, Jum’at (10/5).

Selain itu, Wawan juga berharap, dari pembangunan itu ada suatu multi player effect yang positif dibanyak hal, baik prestasi olah raga di tingkat regional, nasional maupun internasional. Serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar, seperti bisa menyerap tenaga kerja, menciptakan usaha kuliner atau barang souvenir.

Sementara itu, Tugiman, salah seorang tokoh masyarakat Langensari, mengatakan, dengan adanya pusat olah raga di wilayah Kecamatan Langensari, tentu bisa menjadi peluang bagi masyarakat untuk mengais rejeki di areal tersebut. “Tinggal bagaimana nanti dikemasnya oleh pengelola tempat untuk pedagang, mau seperti apa konsepnya,” ucap Tugiman.

Lain halnya yang diungkapkan Suhar, tokoh pemuda Langensari. Menurut dia, dari tahap pengerjaan proyek hingga pengelolaannya nanti harus memberdayakan/melibatkan putra daerah. Sehingga, pemerintah betul-betul mampu memberikan kesempatan atau membuka dan menyerap tenaga kerja bagi warga setempat.

Eman, Anggota Forum Masyarakat Langensari (Formal), mengatakan, dengan dibangunnya sport center tentu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Banjar. “Oleh karenanya kita semua dari mulai sekarang hingga kemudian hari harus merawat keberadaannya, jangan sampai rusak. Kami akan mengawal proses pembangunan ini,” kata Eman. (NS)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply